Pemkot Pangkalpinang Targetkan 907 Ibu Hamil Terima vaksinasi COVID-19
Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar vaksinasi gratis kepada ibu-ibu hamil (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkot Pangkalpiang menargetkan sejumlah 907 ibu hamil mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19 untuk membentuk kelompok terhadap paparan virus corona di wilayahnya.

"Mulai hari ini kita lakukan vaksinasi untuk ibu hamil, kami berharap upaya ini bisa membantu dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil di Pangkalpinang, Kamis.

Dari target 907 orang ibu hamil yang akan divaksin, mulai pagi hari ini sekitar 35 orang ibu hamil sudah siap untuk dilakukan vaksin oleh tim tenaga kesehatan.

Menurut dia, minat warga di daerah itu untuk mendapatkan vaksin COVID-19 cukup tinggi sehingga diharapkan Pemerintah Pusat meningkatkan distribusi vaksin ke daerah.

"Saya sudah minta kepada pak Menteri Kesehatan agar diberikan distribusi vaksin untuk masyarakat Kota Pangkalpinang agar dapat mencapai target 70 persen sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo sehingga Kota Pangkalpinang terbebas dari COVID-19," ujarnya.

Kasus Kematian Akibat COVID-19 di Pangkalpinang

Ia mengatakan, selama ini sebagian masyarakat beranggapan jika divaksin akan memberikan efek negatif bagi seseorang, namun anggapan itu justeru sebaliknya.

"Itu hanya isu. Yakinlah ini sudah menjadi perhitungan yang matang oleh Pemerintah melalui proses perencanaan yang baik dan menjadi suatu masalah, termasuk ibu hamil pun juga tidak masalah," katanya.

Menurut Maulan Aklil, sebagian kasus kematian pasien COVID-19 justru merupakan warga yang belum menerima vaksin, termasuk beberapa ibu hamil yang belum divaksin.

Kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pangkalpinang Dilakukan di RSUD Depati Hamzah

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang. Pada kegiatan itu juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, drg. Mulyono termasuk sejumlah pejabat Pemkot Pangkalpinang lainnya.

Maulan Aklil mengaku bangga karena dari sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia, Kota Pangkalpinang termasuk 11 kepala daerah atau Pemkot di Indonesia yang terpilih dapat berkomunikasi langsung dengan Menteri Kesehatan RI, Menteri BKKBN dan Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil dan penanganan pandemi di daerah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.