Rencana Pemkot Palembang Membangun Pasar Terapung untuk Destinasi Wisata
Ilustrasi pasar apung (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkot Palembang berencana membangun pasar terapung untuk menjadi destinasi wisata. Wacana pengembangan destinasi program wisata sungai tersebut akan dieksekusi pada 2022.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan, titik lokasi pembangunan pasar terapung itu direncanakan di bawah Jembatan Musi 2, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus.

“Peninjauan lokasi sudah dilakukan belum lama ini. Desainnya sudah ada. Kami harapkan tahun depan bisa dibangun,” kata dia.

Pemkot Palembang Genjot Pengembangan Wisata Air Sungai Musi

Terkait pendanaannya, pemkot memiliki beberapa opsi yakni APBN, APBD atau CSR. Ia mengatakan pengembangan wisata air di Sungai Musi dan beberapa anak sungai akan digenjot oleh pemkot untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Pemkot telah merampungkan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 500 meter yang sudah dilengkapi oleh pedestrian.

Proyek Restorasi dan Normalisasi Sungai Sekanak

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro bukan hanya untuk mengendalikan genangan air, namun juga akan dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat.

Proyek restorasi dan normalisasi Sungai Sekanak menggunakan kucuran dana APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra (BBWSS) VIII. Sementara untuk pedestrian atau pinggiran sungai tersebut dibangun melalui dana APBD Kota Palembang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.