Hendak Dijadikan Kawasan Wisata, Parkir Benteng Kuto Besak Palembang Mulai Ditertibkan Kodam II/Sriwijaya
Asisten Logistik Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya, Kolonel Sriyanto/ANTARA

Bagikan:

PALEMBANG - Komando Daerah Militer II/Sriwijaya mulai menata dan menertibkan kawasan parkir Benteng Kuto Besak di Palembang, Sumatera Selatan, untuk dijadikan kawasan wisata berskala internasional.

Asisten Logistik Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya, Kolonel Sriyanto, di Palembang, Senin, mengatakan, Kodam II/Sriwijaya menargetkan kawasan wisata yang di dalamnya juga terdapat aset TNI ini menjadi tujuan wisata yang nyaman untuk para wisatawan.

“Kami sudah memetakan persoalan-persoalan di kawasan Benteng Kuto Besak, dan salah satunya masalah parkir. Beberapa hari lalu kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Palembang dan menemukan solusinya,” kata dia dilansir dari Antara, Senin, 1 Agustus. 

Ia mengatakan kawasan Benteng Kuto Besak yang diproyeksikan menjadi ikon wisata Kota Palembang akan menerapkan sistem pengelolaan parkir dengan sistem pintu parkir.

Melalui sistem ini, para pengunjung yang membawa kendaraan tak perlu membayar lagi ke oknum tak bertanggung jawab seperti yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

TNI memiliki kepedulian terhadap keresahan masyarakat tersebut karena kawasan Benteng Kuto Besak ini berdampingan atau berbatasan langsung dengan aset Pemkot Palembang dan aset Kodam II/Sriwijaya.

“Yang jelas, kami akan melakukan penertiban dan pengamanan secara bersama-sama dengan Pemkot Palembang,” kata dia.

Salah satu kesepakatan antara kedua belah pihak yakni secara bersama-sama menata kawasan Benteng Kuto Besak, mulai dari pengecatan hingga perbaikan infrastruktur setelah lahan milik Kesehatan Kodam II/Sriwijaya yang menghadap Sungai Musi bebas dari pedagang kaki lima.

“Pedagang tak perlu khawatir, nanti akan dibuatkan kawasan khusus untuk jajanan pasar yang menghadap Sungai Musi, sehingga lokasi BKB ini benar-benar layak untuk wisata berskala internasional,” kata dia.