Pemkot Palembang Menyiapkan Lahan Pembangunan Pasar Apung Darussalam yang Ditargetkan Rampung 2022
Pemkot Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Lahan pembangunan Pasar Apung Darussalam tengah disiapkan oleh Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pembangunan yang dilakukan di kawasan Musi II tersebut ditargetkan selesai pada 2022.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan, pemkot telah membentuk tim dengan mengandeng konsultan untuk memantangkan berbagai kesiapan, di antaranya penyediaan lahan.

“Saat ini sedang proses administrasi (legalitas),” kata Harnojoyo.

Destinasi Wisata Pasar Apung Wisata Sungai di Palembang

Ia mengatakan pemkot akan menjadikan pasar apung ini sebagai salah satu destinasi wisata karena memiliki program wisata sungai. Titik lokasi pembangunan pasar terapung itu direncanakan di bawah Jembatan Musi 2, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus.

“Peninjauan lokasi sudah dilakukan belum lama ini. Desainnya sudah ada. Kami harapkan tahun depan bisa dibangun,” kata dia.

Terkait pendanaannya, pemkot memiliki beberapa opsi yakni APBN, APBD atau CSR.

Ia mengatakan pengembangan wisata air di Sungai Musi dan beberapa anak sungai akan digenjot oleh pemkot untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Palembang.

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro

Pemkot sebelumnya telah merampungkan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 500 meter yang sudah dilengkapi oleh pedestrian.

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro bukan hanya untuk mengendalikan genangan air, namun juga akan dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat.

Proyek restorasi dan normalisasi Sungai Sekanak menggunakan kucuran dana APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII. Sementara untuk pedestrian atau pinggiran sungai tersebut dibangun melalui dana APBD Kota Palembang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.