PT Timah Beri Santuan kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan RI di Babel
Ilustrasi pemberian santuan kepada veteran (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Santunan diberikan oleh PT Timah Tbk kepada 60 veteran dan janda Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihaknya melakukan program tersebut sebagai rasa kepedulian dan penghargaan perusahaan kepada mereka.

“Momentum HUT Ke-76 Republik Indonesia ini, PT Timah Tbk merefleksikan diri kita tentang perjuangan para pejuang untuk mendapatkan kemerdekaan bangsa ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa.

PT Timah Menyalurkan Tali Asih kepada Veteran dan Janda Pejuang di Bangka Belitung

Ia mengatakan tali asih berupa paket sembako, uang dan juga parsel kepada 60 orang veteran dan janda pejuang di wilayah operasional perusahaan tersebar di Kota Pangkalpinang sembilan orang, Kabupaten Bangka dua orang.

Selanjutnya santunan kepada veteran di Kabupaten Bangka Tengah satu orang, Bangka Selatan dua orang, Bangka Barat satu orang, Belitung dua orang, Belitung Timur 22 orang dan Kundur sebanyak 21 orang.

"Para veteran telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk Kemerdekaan Indonesia. Untuk itulah, PT Tmah Tbk memberikan penghargaan bagi para veteran di wilayah operasional perusahaan," ujarnya.

Veteran di Bangka Belitung Beri Pesan Kepada Generasi Muda

Salah satu veteran yang menerima tali asih dari PT Timah Tbk yakni Moh Sofan Effendi, lelaki kelahiran Ngawi 25 Juli 1939 ini ikut berperang dalam pembebasan Irian Barat tampak sedih melihat pengibaran Bendera Merah Putih melalui layar televisi.

“Saya prihatin, Bangsa ini semakin ramai gangguannya enggak habis-habis,” katanya.

Meski fisiknya memang tak sekuat dulu, tapi semangatnya untuk Indonesia tak pernah padam. Di usianya yang sudah menginjak 81 tahun ini, ia meminta agar generasi muda bisa melanjutkan perjuangan.

“Alhamdullillah, senang diundang PT Timah ke sini. Dulu saya pernah mengamankan PT Timah Tbk juga sekitar tahun 1960,” ujarnya dengan terbata-terbata.

Selain Moh Sofan Effendi, veteran lainnya yang menerima tali asih ini secara simbolis yakni Moch Wiki dari Desa Selinsing dan Dokter Sugeng dari Desa Gantung, dimana penyerahan dilaksanakan secara virtual. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.