HAS Hanandjoedin Terus Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional dari Belitung, Fakta dan Sejarah Ungkap Jasanya untuk Kemerdekaan RI
Pembahasan pengusulan HAS Hanandjoedin sebagai pahlawan nasional (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - HAS Hanandjoedin, seorang pejuang kemerdekaan dari Pulau Belitung, terus diusulkan untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Beliau dinilai mempunyai peran dan jasa yang besar dalam kemerdekaan bangsa.

Suryadi Saman, Ketua T im Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Bangka Belitung ini berharap HAS Hanandjoedin sudah bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional sebelum 10 November 2022.

"Kita terus usulkan, berbagai data pendukung yang dibutuhkan sudah kami siapkan hanya dorongan dari para tokoh baik dari Pulau Belitung maupun dari Pulau Bangka," kata Suryadi Saman di Manggar, Rabu.

"Waktu terus kita maksimalkan, termasuk untuk bertemu dengan para bupati dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Jakarta, membicarakan langkah yang akan diambil sebelum 10 November 2022," kata Suryadi.

Fakta dan Sejarah HAS Hanandjoedin Pahlawan dari Belitung 

Semua data dan fakta sejarah terkait dengan HAS Hanandjoeddin sudah dikumpulkan dan bahkan bandar udara di Tanjungpandan sudah sematkan nama HAS Hananjoeddin, demikian juga jalan lintas Belitung-Belitung Timur juga akan diberi nama Jalan HAS Hanandjoeddin.

Pengusulan HAS Hananjoeddin sebagai pahlawan nasional karena dinilai para pejuang yang berjasa dalam merebut kemerdekaan, terutama peran dalam menghadapi Agresi Militer I dan II.

Beliau adalah pejuang kelahiran Belitung pada 1910 dan meninggal dunia pada 1995 dengan pangkat letnan kolonel terakhir," kata dia.

Jasa HAS Hanandjoedin dalam Kemerdekaan RI 

Hanandjoeddin juga dipercaya menjadi komandan beberapa pasukan pasukan dalam pertempuran tersebut melawan Belanda pada Agresi Militer I dan II

"Atas jasa-jasanya, nama HAS Hanandjoeddin kini diabadikan menjadi nama bandar udara internasional di Tanjung Pandan," kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.