Moeldoko Tegas; Sikap Empati Indonesia Atas Palestina Tidak Pernah Berubah
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menggelar konferensi pers Festival HAM 2021 secara daring di Gedung Bina Graha Jakarta (ANTARA/HO-KSP/am)

Bagikan:

PALEMBANG- Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, menyatakan dengan tegas bahwa Indonesia telah mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina yang menewaskan banyak anak-anak dan perempuan.

"Pada sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah," ujar Moeldoko dalam tayangan video yang disaksikan di Jakarta, dilansir  Antara,  Kamis, 20 Mei.

Ia mengungkapkan bahawa sampai saat ini sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah sejak dulu.

"Dan juga kerusakan parah di antaranya kantor berita Associated Press dan Al Jazeera, yang merupakan solusi terhadap prinsip jurnalistik internasional. Indonesia juga sangat prihatin atas situasi di mana krisis kemanusiaan terjadi di sana. Untuk itu sekali lagi sikap Indonesia mengecam dengan keras," kata Moeldoko .

Pemimpin Berbagai Negara Melakukan Komunikasi Untuk Penyelesaian Konflik Palestina

Moeldoko menyampaikan Presiden Joko Widodo dan Luar Negeri Retno sejauh ini telah berkomunikasi dengan pemimpin negara, agar membantu penyelesaian konflik di Palestina.

Selain itu juga untuk menyelesaikan tindak kekerasan sehingga korban jiwa tidak bertambah dan juga memberikan keadilan bagi masyarakat Palestina .

Mantan Panglima TNI itu mengingatkan kepada masyarakat Indonesia agar memahami bahwa masalah-masalah masalah domestik yang terjadi di wilayah tersebut.

Moeldoko Ingatkan Jangan Konflik Palestina Timbulkan Perpecahan Bangsa Sendiri

Menurutnya, sangat aneh bagi bangsa Indonesia tata energi seperti saat ini dengan melakukan tidak produktif yang sebenarnya tidak diimplementasikan dengan baik apa yang terjadi di sana.

"Untuk itu saya mengimbau kepada semua untuk semuanya. Jangan situasi yang terjadi Palestina dengan Israel justru menimbulkan perpecahan di antara bangsa kita sendiri," terangnya. Untuk itu, kata dia, bangsa Indonesia jangan ikut terseret dalam situasi tersebut yang pada akhirnya justru menimbulkan perpecahan di antara anak bangsa.

Moeldoko daerah bukan bangsa Indonesia tidak peduli. Dia mengatakan bangsa Indonesia memiliki sikap yang sama yakni sikap empati atas apa yang terjadi di Palestina.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .