KSP Moeldoko: Anak Muda Harus Punya Sikap Bersaing
KSP Moeldoko menghadiri Festival Al Banjari Piala Masjid Dr. H. Moeldoko di Malang, Sabtu malam (DOK KSP)

Bagikan:

MALANG - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengajak anak muda untuk memiliki sikap berani bersaing. Sikap tersebut dibutuhkan agar potensi dan kemampuan yang dimiliki bisa terus berkembang sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan global yang mengalami perubahan luar biasa.

Di tengah lingkungan global yang berubah sangat cepat, penuh dengan kerumitan, risiko dan kejutan, ditambah dengan ancaman krisis energi, pangan, dan keuangan, maka sudah menjadi sebuah keharusan bagi bangsa Indonesia untuk membangun daya saing.

"Jika tidak kita akan ketinggalan,” tegas Moeldoko. Mari kita bangun competitiveness melalui berbagai cara. Salah satunya dengan festival banjari seperti ini,” tegas 

Moeldoko saat menghadiri Festival Al Banjari Piala Masjid Dr.H.Moeldoko di Malang, Sabtu malam kemarin.

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga menyinggung sosok Putri Ariani, penyanyi muda asal Indonesia yang berani bersaing di ajang bakat Internasional, yakni America’s Got Talent (AGT) 2023.

“Putri Ariani ini bisa menjadi contoh bagi kita. Meski memiliki kekurangan fisik tapi dia memiliki sikap bersaing luar biasa. Hasilnya, dia bisa membawa nama Indonesia bersinar di kancah Internasional,” tandasnya.

Pemerintah saat ini telah menyiapkan desain besar untuk memfasilitasi talenta-talenta unggul di Indonesia. Yakni melalui program Manajemen Talenta Nasional (MTN). Melalui program tersebut, sambung dia, diharapkan Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dalam persaingan talenta global.

“Sekarang ini terjadi talent war atau perang talenta. Sementara daya saing talenta Indonesia masih tertinggal dengan negara lain. Lewat program MTN ini kita akan mengejar ketertinggalan itu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Festival Al Banjari Piala Masjid Dr. H. Moeldoko sudah digelar kali kedua, setelah pada Januari 2023 lalu dilaksanakan di Jombang, Jawa Timur. Kali ini, Festival dilakukan dengan sistem zonasi, yakni se Karasidenan Malang.

Rencananya, Festival Al Banjari Piala Masjid Dr. H. Moeldoko akan kembali digelar pada di Banyuwangi dan Bojonegoro, pada tanggal 1 dan 22 Juli 2023.