Terjunkan Tiga TIM, Moeldoko: PON XX Bukti Masifnya Pembangunan Infrastruktur Olahraga di Papua
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Jakarta, Kamis, 29 April (Foto: dokumentasi KSP)

Bagikan:

PALEMBANG - Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, mengungkapkan bahwa PON XX Papua menjadi hal yang unprecedented atau belum pernah ada dalam PON sebelumnya. Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Moeldoko menyebutkan bahwa pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 merupakan bukti realisasi pembangunan Indonesia-sentris. Hal itu ia ungkapkan dalam Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Hotel Mulia Jakarta, Kamis, 30 April, melansir dari Antara.

"Ini bukti komitmen Pembangunan Indonesia-sentris yang dicanangkan Presiden, dimana Tanah Papua menjadi prioritasnya," tuturnya.

Pembangunan fasiltas olahraga yang cukup gencar di Bumi Papua juga terwujud melalui penyelenggaraan PON XX. Selain itu, Moeldoko juga menyatakan bahwa pelaksanaan PON dan PEPARNAS ini bagi presiden adalah bentuk penguatan jatidiri bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke, dari Asia sampai ke Pasifik, dari tanah Melayu sampai ke kepulauan Melanesia.

Pelaksanaan PON dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) di Papua tahun 2021 juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat dan jiwa berolahraga yang melekat serta identik dengan Tanah Papua.

Moeldoko Menerjunkan Tiga Tim untuk Mengawal PON XX di Papua

Moeldoko sendiri juga telah menugaskan tiga tim untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika dan Merauke pada bulan ini.

Tim yang dipimpin langsung oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani bertugas untuk memonitor perkembangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX secara langsung.

"Saya dan jajaran KSP akan terus mengawal PON sampai tuntas," jelas Moeldoko.

Moeldoko Apresiasi Veneu PON Kabupaten Mimika

Di Mimika, Moeldoko juga melihat antusias pemerintah Kabupaten Mimika dalam mempersiapkan venue PON dengan dukungan APBD Kabupaten untuk venue cabang olahraga biliar, panjat tebing, futsal, dan terjung payung.

"Memang beberapa proses penyelesaian sedang berjalan, dan akan selesai segera. Saya mengapresiasi antusiasme pemerintah Kabupaten Mimika untuk memberikan dukungan," jelas dia.

PON XX Papua Even Terbesar di Pasifik

Sementara itu, di Kabupaten Merauke juga serupa. Moeldoko menjelaskan, fasilitas akomodasi dan transportasi serta venue-venue yang akan digunakan untuk penyelenggaraan enam cabang olahraga juga sudah siap, termasuk Stadion Kaltapal yang megah untuk cabang olahraga sepak bola putri.

Moeldoko menambahkan, PON XX di Papua akan menjadi event olahraga terbesar di kawasan Pasifik.

"Kelengkapan fasilitas olahraga yang telah kita bangun di empat klaster pertandingan di Papua saat ini juga merupakan yang terlengkap dan terbaik di kawasan Pasifik selain fasilitas olimpiade di Australia," jelas dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.