5 Daerah di Bangka Belitung Masuk Zona Hijau atau Nol Kasus COVID-19
Seorang lansia di Babel menerima vaksinasi COVID 19 (ANTARA)

Bagikan:

PANGKALPINANG - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan lima dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Babel pada Senin tanpa pasien COVID-19, karena semakin melandainya penularan virus corona di daerah itu.

"Lima kabupaten/kota ini sudah dapat dinyatakan daerah zona hijau COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa dikutip ANTARA, Senin, 20 Februari.

Ia menyatakan lima kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Babel tanpa pasien COVID-19 aktif tersebut yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur.

"Saat ini jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina mandiri tersisa tujuh orang terdapat di Bangka Tengah lima dan Bangka Selatan dua orang pasien," ujarnya.

Menurut dia, dalam mencegah penularan dan penyebaran virus corona ini, Satgas COVID-19 bersama pemerintah daerah terus menyosialisasikan prokes kepada masyarakat, agar mereka tetap waspada dengan tetap melakukan pencegahan secara mandiri.

"Kami terus meningkatkan pelayanan kepada pasien COVID-19 ini, guna meningkatkan tingkat kesembuhan untuk mewujudkan Babel zona hijau COVID-19," katanya.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kepulauan Babel Rais Haru mengatakan pelayanan vaksinasi booster pertama dan kedua di pusat layanan kesehatan masyarakat.

"Sosialisasi dan pelayanan vaksinasi di rumah sakit, puskesmas dan klinik terus digencarkan, sebagai upaya penting untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan tubuh masyarakat dari virus ini,” katanya.