Pangkalpinang Laksanaka Ujian Sekolah Tatap Muka, Seluruh Siswa Tertib dan Patuh
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. (babel.antaranews.comTry Mustika Hardi)

Bagikan:

PALEMBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , menyelenggarakan ujian sekolah dengan sistem tatap muka. Ujian tersebut dijalankan oleh siswa tingkat akhir Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Sampai hari ini pelaksanaan berjalan lancar, kami berharap hingga akhir kegiatan ujian sekolah tatap muka ini tetap patuh dalam menerapkan aturan kesehatan sehingga tidak terjadi klaster baru penularan COVID-19," tutur Eddy Supriadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Rabu, 21 April.

Ia mengungkapkan sebenarnya pihaknya melaksanakan ujian sekolah bersistem tatap muka sejak 19 April dan akan rampung pada 23 April. Seluruh SD dan SMP di Kota Pangkalpinangterlibat dalam pelaksanaan tersebut.

"Ini hari ketiga, alhamdulillah berjalan lancar, anak-anak cukup antusias. Saat kami cek ke lapangan mereka sangat patuh baik datang maupun pulang sekolah, menerapkan protokol kesehatan," katanya.

UN TINGKAT SMP Ditiadakan

Eddy menjelaskan ujian yang dilaksanakan untuk pembelajaran hasil pembelajaran yang berani, sedangkan untuk siswa SMP kelas 9, ujian sekolah sebagai salah satu dasar pertimbangan kelulusan.

"Untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun ini ditiadakan, sehingga ujian sekolah dijadikan salah satu dasar pertimbangan kelulusan siswa," katanya.

Ujian Sekolah Menjadi Parameter Seluruh Hasil Pembelajaran

Ia menjelaskan hasil dari ujian sekolah akan menjadi salah satu parameter dan total hasil pembelajaran siswa selama di sekolah.

Untuk kelulusan, kata dia, merangkum berdasarkan portofolio, ulangan harian, pembelajaran berani, evaluasi, dan hasil belajar siswa lainnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .