Disperindag Babel Inspeksi Stok dan Harga Sembako di Pasar Tradisional dan Modern
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jelang lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sidak dadakan terhadap stok dan harga sembilan kebutuhan pokok (sembako). Kegiatan yang dilakukan di sejumlah pasar tradisional dan moderen di Kota Pangkalpinang tersebut bertujuan untuk mengawasi meningkatnya harga selama Ramadhan 2021.

"Kegiatan secara serentak ini, untuk melihat secara pasti harga bahan pokok dan stok sembako di pasar," tutur Sunardi, Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, saat inspeksi sembako di Pangkalpinang, Rabu, 21 April.

Pihaknya menerjunkan dua tim dalam kegiatan pemantauan ketersediaan dan harga sembako ini. Kedua tim tersebut langsung menyurvei stok dan harga sembako di pasar tradisional, distributor sembako, dan pasar moderen.

"Laporan sementara belum ditemukan harga sembako naik tinggi yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu di tengah pendemi COVID-19 ini," katanya.

Sidak Terus Dilakukan Selama Ramadan dan Jelang Idulfitri

Meskipun belum ditemukan stok sembako kurang yang akan berdampak kenaikan harga tinggi, pihaknya akan terus melakukan sidak selama ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Kegiatan ini untuk memantau langsung ke lapangan mengenai harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor di Pangkalpinang pada puasa dan jelang Idul Fitri untuk melihat secara pasti harga bahan pokok dan stok sembako di pasar," katanya.

Kegiatan Sidak Pasar Dibagi Dua Kelompok

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Babel, Armaini mengatakan kegiatan sidak di bagi dua kelompok, kelompok yang pertama ke pasar tradisional pasar pagi dan pasar moderen transmart dan kelompok yang kedua ke pasar tradisional pasar pembangunan, pasar moderen hypermart dan ke gudang distributor CV. Sal.

"Sebelum melakukan sidak ke lapangan, kita telah melakukan apel di halaman Polresta Taman Sari Pangkalpinang, guna memberikan arahan kepada tim," katanya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI,