Telur Ayam di Baturaja Mengalami Kenaikan Harga Jelang Natal dan Tahun Baru, Komoditas Lain Juga Melonjak
Ilustrasi penjual telur (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, terjadi lonjakan harga telur ayam ras. Kenaikan harga menjadi sebesar Rp27.000 per kilogram mendekati hari Natal dan Tahun Baru 2022.

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Atas Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Senin, sebelumnya harga telur ayam ras hanya dipatok kisaran Rp20.000 per kilogram.

"Sekarang harga telur ayam naik Rp7.000 setiap kilogramnya," katanya.

Lonjakan harga tersebut, lanjut dia, terjadi sejak beberapa hari terakhir dan diprediksi terus melonjak setelah perayaan Natal. Kenaikan harga ini membuat omzet pedagang menurun hingga 30 persen dibandingkan periode normal.

Secara terpisah, Kasi Pengendalian Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten OKU, Octa Liyandi mengakui adanya beberapa harga komoditas yang naik, termasuk telur ayam ras.

Namun, ia memastikan standar kenaikan tersebut masih berada dalam Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kebutuhan Pangan yang Mengalami Kenaikan Harga Menjelang Natal dan Tahun Baru

Selain telur ayam ras, kenaikan harga terjadi di cabai merah keriting yang kini dipatok Rp60.000 per kilogram, atau naik dari sebelumnya kisaran Rp50.000 per kilogram.

Sedangkan, untuk harga daging ayam broiler saat ini tetap di kisaran Rp26.000 per kilogram, begitu juga harga daging sapi masih dijual pedagang Rp120.000 per kilogram.

"Terkait hal itu masyarakat diimbau agar tidak perlu panik karena kenaikan harga yang terjadi pada beberapa jenis kebutuhan pokok tersebut masih dalam batas kewajaran," ujarnya.

Disperindag Gencar Mengawasi dan Mencegah Tindak Penimbunan Sembako

Pihaknya juga saat ini gencar melakukan pengawasan pasar guna memastikan tidak terjadi lonjakan harga dan mengantisipasi penimbunan sembako oleh oknum pedagang guna mencari keuntungan tinggi.

"Jika masyarakat mendapati pedagang yang menjual sembako dengan harga tinggi yang tidak wajar segera laporkan kepada kami atau pihak berwajib," tegasnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.