PKK Bangka Ajak Masyarakat Manfaatka Pekarangan untuk Tambah Penghasilan
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bagikan:

Palembang- Yusmiati Mulkan, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong masyarakat untuk memberdayakan pekarangan rumahnya. Masyarakat diminta mengolah lahananya menjadi kebun sayuran atau jenis lainnya yang bisa membawa keuntungan ekonomi.

"Saya mengajak seluruh masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk kegiatan tanaman sayuran maupun jenis tanaman lainnya yang bermanfaat dan bernilai ekonomi sebagai sumber pendapatan," tuturnya di Sungailiat, Selasa, 20 April, sehabis panen jagung di perkarangan Kantor Dinpanpertan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayura. Jika lahan pekarangan rumah terbatas, bisa menggunakan kebun model hidroponik.

"Pengembangan tanaman jagung maupun jenis lainnya seperti yang dilakukan pihak Dinpanpertan selaras atau sinergi dengan program "Hatinya PKK"," jelasnya.

Lahan Tidak Produktif Diolah Sehingga Mempunyai Nilai Ekonomi

Dia menginginkan lahan warga yang tidak produktif dapat diolah semaksimal mungkin sehingga memberikan nilai kontribusi ekonomi bagi keluarga.

Yusmiati Mulkan mengapresiasi program pemanfaatan lahan perkarangan oleh Dinpanpertan Bangka, terutama dalam rangka menambah dan menyejahterakan perekonomian di tengah masyarakat saat ini.

"Program "Hatinya PKK" lebih kepada penerapan program PKK Bangka yang berkolaborasi bersama masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah. Mari berdayakan potensi yang ada di sekitar kita, misalnya ada lahan yang terbengkalai, alangkah baiknya ditanami dengan tumbuhan bermanfaat, seperti jagung dan tanaman yang bermanfaat lainnya," katanya.

Hasil panen tanaman yang ditanam di pekarangan rumah kata dia, selain membantu kebutuhan pangan keluarga juga dapat dijual jika hasil panennya banyak.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.