Budiddaya Ikan di Pekarangan Rumah, Masyarakat OKU Selatan duku Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan
Budidaya ikan di pekarangan rumah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pekarangan rumah dimanfaatkan menjadi tempat budidaya ikan oleh masyarakat di Desa Mehanggin, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan. Langkah tersebut merupakan upaya mendukung Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

Asep Sudarno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Selatan, menyampaikan program yang digagas oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru ini merupakan salah satu upaya untuk merubah pola hidup ataupun mindset masyarakat dari yang konsumtif menjadi produktif.

Masyarakat diajarkan cara menanam sayur mayur dan membudidayakan ternak ikan lele menggunakan media perkarangan rumah masing-masing.

Bantuan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Dalam program ini pemerintah memberikan bantuan berupa bibit, drum, media tanam dan pakan ternak untuk dibudidayakan yang diharapkan hasil panennya nanti dapat meningkatkan perekonomian warga di wilayah itu.

"Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan sudah berjalan tahun ini dimana ada puluhan warga di Desa Mehanggin yang mendapat bantuan bibit tanaman sayur dan benih Ikan Lele," kata dia.

Bantuan tersebut disalurkan pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa mandiri menghasilkan kebutuhan pangan sendiri guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Dapat Menghemat Keuangan  Masyarakat

Melalui program ini diharapkan agar masyarakat yang awalnya harus membeli untuk memenuhi kebutuhan pangan seperti sayur, buah, ikan, daging dan lainnya bisa menghasilkan sendiri dari hasil panen nanti.

"Untuk tahap awal setidaknya seperti itu, tidak harus membeli sehingga mengurangi pengeluaran harian mereka," ujarnya.

Melalui program tersebut, masyarakat dapat mengurangi pengeluaran biaya hidup sehingga penghasilan yang didapat dari pekerjaan rutin bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.