Pemkab Belitung Timur Mencanangkan Program Menanam di Pekarangan, Kelompok Wanita Tani jadi Ujung Tombak
Bupati Belitung Timur lakukan gerakan menamam di pekarangan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program gerakan menanam di pekarangan (Gempar) dicanangkan oleh Pemkab Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan ketahanan pangan daerah.

"Gempar ini program unggulan kami yang direalisasikan melalui kegiatan pekarangan pangan lestari (P2L), bagian upaya memperkuat ketahanan pangan," kata Bupati Belitung Timur, Burhanuddin di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, Gempar merupakan bagian dari program "yuk ke ume" (ayo membuka lahan).

"Tetapi membuka lahan di sini dimaksudkan adalah menggalakkan penanaman produk hortikultura dengan memanfaatkan pekarangan rumah, buka merambah hutan seluas-luasnya," ujarnya.

Kelompok Wanita Tani di Belitung Timur Didorong untuk Menyukseskan Program Gempar

Bupati mengajak Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai ujung tombak dalam menyukseskan program tersebut.

Ia berharap gerakan menanam di pekarangan ini dapat memberi manfaat dalam pemenuhan kebutuhan bahan pangan sehari-hari dan menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat.

"Jadi kita berharap dari tanaman ini bisa kita manfaatkan. Semoga ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari rumah ke rumah dan menjadi pendapatan," ujarnya.

Bupati Belitung Timur Ingatkan Pentingnya Memperkuat Ketahanan Pangan Daerah

Bupati juga mengatakan, memperkuat ketahanan pangan daerah sangat penting karena daerah tersebut merupakan daerah kepulauan yang sebagian besar bahan kebutuhan pokok didatangkan dari luar daerah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.

Terkait