Kunjungan Wisatawan Asing di Babel Meningkat 4,18 Persen, Menginap Lebih Lama di Hotel
Objek wisata Pulau Putri di Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kunjungan wisatawan asing di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama Juni 2022 mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan kunjungan sebanyak 249 orang atau naik 4,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya hanya 239 orang.

"Kunjungan wisatawan asing ini meningkat dan menginap lebih lama dibandingkan wisatawan domestik," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan jumlah wisatawan yang menginap pada hotel bintang di Kepulauan Bangka Belitung pada Juni 2022 tercatat sebanyak 40,897 orang atau turun 14,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya 48,074 orang.

"Jumlah wisatawan domestik 15,02 persen, tetapi jumlah wisman naik 4,18 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Haryanto.

Wisatawan Domestik Mendominasi Penginapan Hotel di Bangka

Menurut dia, wisatawan domestik ini lebih mendominasi dibandingkan dengan wisatawan asing. Dari total 40.897 wisatawan yang menginap, 99,50 persennya adalah wisatawan domestik.

"Seluruh daerah serentak mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang menginap di hotel berbintang dan Kabupaten Bangka menjadi wilayah dengan peningkatan paling signifikan mencapai 225,91 persen," katanya.

Wisatawan Asing Menginap Lama di Bangka Belitung

Ia menyatakan rata-rata lama menginap wisatawan keseluruhan pada Juni 2022 untuk hotel bintang selama 1,61 hari. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, para wisatawan ini mengalami penurunan lama menginap selama 0,14 hari.

"Wisatawan mancanegara cenderung menginap lebih lama dibandingkan wisatawan domestik Rata-rata lama menginap antara wisatawan mancanegara dan domestik masing-masing sebesar 2,33 dan 1,61 hari," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.