Kunjungan Wisman di Bangka Belitung Meningkat Tiga Kali Lipat
Ilustrasi wisata Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kunjungan wisatawan asing di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Agustus 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Babel melaporkan naiknya wisman terjadi dari hanya enam orang menjadi 25 orang.

"Rata-rata wisman menginap di hotel berbintang selama 2,68 hari atau lebih lama dibandingkan wisatawan domestik 1,72 hari," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami di Pangkalpinang, Senin.

Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Indonesia Meningkat Tiga Kali Lipat

Ia menjelaskan jumlah wisatawan yang menginap pada hotel bintang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Agustus 2021 sebanyak 18.555 orang, atau turun 3,80 persen dibandingkan bulan sebelumnya 19.288 orang.

"Jumlah wisatawan Indonesia turun 3,90 persen, namun jumlah wisman justru naik 3 kali lipat lebih," katanya.

Ia mengatakan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang sebesar 15,83 persen, naik 0,08 poin dibandingkan nilai TPK Juli 2021 mencapai 15,75 persen.

"TPK tertinggi hotel bintang di Kota Pangkalpinang 25,04 persen, Kabupaten Bangka Tengah 22,58 persen, Bangka 15,29 persen dan Pulau Belitung 9,13 persen," katanya.

Tingkat Penghuni Kamar di Bangka Meningkat pada Agustus 2021

Menurut dia jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan TPK hotel bintang pada beberapa wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peningkatan TPK tertinggi terjadi di Kabupaten Bangka 2,05 poin, Kota Pangkalpinang naik 1 poin.

Selanjutnya, TPK di Pulau Belitung dan Kabupaten Bangka Tengah merupakan daerah yang turun nilai TPK-nya, masing-masing sedalam 1,20 dan 0,58 poin.

"Secara agregat provinsi penurunan dari kedua daerah ini tidak signifikan membuat TPK provinsi turun lebih dalam," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.