Even Wisata Kota Palembang 2022, Pemkot Luncurkan Kalender Pariwisata
Peresmian kalender wisata 2022 Kota Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kalender pariwisata tahun 2022 diterbitkan oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kalender tersebut terdapat sejumlah 44 even untuk menggaet ketertarikan kunjungan wisatawan ke kota itu.

Peresmain dan peluncuran kalender pariwisata itu diselenggarakan secara meriah dengan menampilkan pertunjukan tari dan drama kolosal kesenian daerah di ballroom salah satu hotel berbintang empat di Kota Palembang, Kamis.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan, sebanyak 44 even menarik yang bakal diselenggarakan sepanjang tahun 2022 itu mayoritas bernuansa festival mulai dari olahraga, adat kesenian, hingga kuliner nusantara.

Even Besar Pariwisata di Kota Palembang pada 2022

Diketahui dari 44 even tersebut terdapat 10 even yang digadang paling unggulan masing -masing Festival Sekanak Lambidaro, Festival Palembang Darussalam, Festival Sriwijaya, Festival Bujang Gadis Palembang, Festival Fornas IV, Sepekan Seni Palembang, Siguntang Fest, Festival Pekan Adat Sumatera Selatan, Festival Ekonomi Kreatif dan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

"Pemkot menargetkan sebanyak 1,5 juta wisatawan yang akan berkunjung ke Palembang dalam kalender even tahun ini,” kata Sulaiman.

Menurut dia, kunjungan wisatawan cukup penting untuk memulihkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tengah mengalami penurunan.

Di mana,  kunjungan wisatawan di daerah itu tercatat turun menjadi 898 ribu selama 2020-2021 dibandingkan pada 2019 mencapai 2,5 juta wisatawan.

"Sehingga dampaknya sektor wisata hanya mampu menyumbang pendapatan sekitar Rp500 juta pada kas daerah," kata dia.

Even Wisata Palembang Tahun 2022

Namun, kata dia, semua pihak harus optimis melalui kalender even tersebut, tahun ini sektor pariwisata bisa menyumbang pendapatan ke kas daerah hingga 40-50 persen seperti tahun sebelumnya. Sebab dengan datangnya wisatawan ke Kota Palembang pajak hotel, pajak hiburan, pajak parkir, dan pajak lainnya akan ikut meningkat.

"Sebagai upaya mencapai target itu Pemkot melalui Dinas Pariwisata Palembang telah menjalin kolaborasi secara pentahelix bersama akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media," kata dia.

Sulaiman mengatakan rangkaian kalender even tersebut nantinya tetap menyesuaikan situasi, syarat dan ketentuan yang berlaku dari pemerintah dalam kondisi yang masih terbatas ini, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan maksimal dan hasilnya tepat sasaran.

Ikuti terus bertia dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.