Pemerintah Bangka Salurkan Bantuan Bibit Cabai 240 Bungkus untuk Tingkatkan Produksi Panen
Kepala Bidang Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantun bibit cabai sejumlah 240 bungkus disalurkan oleh Pemkab Bangka, Provinsi kepulauan Bangka Belitung, melalui kelompok tani. Langkah tersebut dilakukan untuk membantu meningkatkan produksi panen.

Cik Ona, Kepala Bidang Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Bangka, menyampaikan bantuan bibit sebanyak 240 bungkus disalurkan melalui kelompok tani untuk area seluas 20 hektare.

"Bantuan bibit cabai sebanyak itu bersumber dari anggaran belanja daerah Kabupaten Bangka tahun 2022," jelasnya.

Produksi Pertanian Cabai di Bangka

Dia mengatakan bantuan tersebut disalurkan ke kelompok tani di Kecamatan Merawang, Kecamatan Bakam, Puding Besar, Kecamatan Pemali dan Kecamatan Sungialiat

Bantuan tersebut diharapkan mampu membantu meningkatkan produksi cabai di tingkat petani di mana jenis tanaman ini cukup diminati karena harga jual relatif tinggi.

Total luas tanaman cabai di Kabupaten Bangka sampai Juli 2022 mencapai 85,43 hektare cabai rawit, cabai keriting seluas 47,08 hektare, dan cabai besar seluas 13,35 hektare dengan kemampuan produksi yang ditargetkan mencapai 4.150 ton.

Pengembangan Pertanian Sayur di Bangka

Puluhan hektare area tanaman cabai tersebut kata dia, merupakan lahan baru dibuka oleh petani dan ada juga lahan lama.

Selain tanaman cabai kata Cik Ona, petani di daerahnya sedang mengembangkan tanaman sayuran yang mencapai luas lima hektare dan mengembangkan tanaman bawang merah seluas tiga sampai lima hektare.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.