Bangka Tengah Genjot Produksi Padi untuk Penyangga Pangan
Areal persawahan di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (8/7/2021). (ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

PALEMBANG- Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggenjot produksi padi sawah guna ketersedian pangan daerah.

"Memang saat ini produksi padi lokal baru bisa menyumbang sekitar tujuh persen kebutuhan pangan lokal, ini terus kita tingkatkan sehingga menjadi penyangga untuk ketahanan pangan daerah," kata Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian di Koba, Selasa.

Herry mengungkapkan sejak 2017 pihaknya terus fokus mendorong produksi padi sawah lokal dengan meningkatkan luas tanaman dan meningkatkan produksi padi sawah produktif.

"Itu sudah ada peningkatan dari lima persen pemenuhan kebutuhan pangan lokal, naik menjadi tujuh persen," ujarnya.

Pemerintah Daerah Memberikan Bantuan Bibit dan Peralatan pertanian

Pemerintah daerah setempat sangat konsentrasi dalam menjalankan program pengembangan lahan sawah dengan berbagai cara dan upaya.

"Bantuan terus digulirkan baik peralatan mapun bibit, juga memberikan bimbingan terhadap para petani agar produksi lebih meningkat," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Terus Berkoordinasi untuk Memajukan Pertanian Daerah

Herry Erfian menjelaskan, komunikasi dan koordinasi terus dilakukan dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk memajukan sektor pertanian daerah.

Ia juga mengingatkan bahwa kerja petani dalam mengolah lahan persawahan perlu mendapat apresiasi dari masyarakat. Dukungan yang diberikan setidaknya menjadi modal untuk bisa terus meningkatkan produksi padi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.