80.000 Bantuan Bibit Lada Diterima Pemkab Belitung, Dibagikan Kepada Kelompok Tani
Pekerja mengemas lada hitam di Billiton Spice di Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan sejumlah 80.000 bibit lada siap tanam diteruma oleh Pemkab Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bantuan lada tersebut pemberian dari Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

Hamzah, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, menyatakan bantuan tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi 100 hektare kebun lada di daerah itu sehingga produksi lebih optimal.

"Bantuan bibit lada siap tanam sebanyak tujuh ruas dan stek langsung di dalam polybag," kata Hamzah di Tanjung Pandan, Rabu.

Gerakan Menanam Lada Belitung

Menurut dia, bantuan disalurkan kepada sebanyak 20 kelompok tani lada terdiri dari sembilan kelompok di kecamatan Selat Nasik dan 11 kelompok tersebar di kecamatan lain.

"Rehabilitasi tanaman lada juga upaya untuk menggalakkan gerakan 100 hektare menanam lada sebagai salah satu komoditas unggulan Bangka Belitung," katanya.

Kegiatan Rehabilitasi Tanaman Lada

Hamzah menambahkan, tanaman lada direhabilitasi adalah tanaman lada yang rusak dan berumur tua sehingga kemampuan produksinya tidak optimal atau berkurang.

Dia berharap, kegiatan rehabilitasi tersebut dapat berhasil sehingga jumlah produksi lada di daerah itu meningkat.

"Kami menargetkan produksi lada pada musim panen tahu sebanyak 5.000 ton," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.