PT Timah Beri Pelatihan Kelola Keuangan UKM Babel Berbasis Digital
Pelatihan UKM di Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelatihan pengelolaan dan penyusunan keuangan berbasis digital diberikan oleh PT Timah Tbk kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) UKM dalam mengembangkan usahanya.

"Mengelola dan menyusun laporan keuangan secara digital ini mempunyai peranan penting untuk keberhasilan UKM mengembangkan usahanya," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan pengelolaan dan penyusunan keuangan secara digital tahap pertama diikuti 27 UKM mitra binaan PT Timah Tbk di Pulau Bangka dimulai Rabu (8/6) hingga Kamis (9/6) di Pangkalpinang, agar para pelaku UKM harus memiliki kemampuan dalam menjalankan rantai usahanya, mulai dari modal, produksi, pemasaran hingga laporan keuangan.

"Banyak pelaku UMKM yang masih merasa sulit untuk membuat laporan keuangan usaha yang baik dan benar. Padahal ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku UKM," ujarnya.

Pelatihan Laporan Keuangan UMKM di Bangka Belitung

Ia berharap melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru yang nantinya bisa diimplementasikan para mitra binaan untuk membuat laporan keuangan usaha, sehingga usaha yang dijalani para pelaku UKM dapat berkembang.

"Banyak manfaat dari laporan keuangan digital ini, misalnya bisa menjadi dasar untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam pengelolaan usaha, seperti penetapan harga, pengembangan pasar dan juga bisa digunakan untuk mengajukan modal kepada kreditur," katanya.

Penyusunan Laporan Keuangan UKM

Pelaku UKM mitra binaan PT Timah Tbk Erliana mengatakan, penyusunan laporan keuangan memang menjadi kendala para pelaku UKM. Pasalnya, pendapatan yang mereka peroleh masih bercampur dengan pendapatan rumah tangga," katanya.

"Kalau yang sederhana, debit kredit itu kita sudah coba lakukan, tapi belum konsisten. Karena itu tadi kendalanya masih bercampur dengan keuangan rumah tangga, karena kan kadang kita belanja dari hasil itu. Jadi labanya belum tau pasti hanya bisa mengira-ngira saja," ucapnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.