Vaksinasi COVID-19 di Bulan Ramadan Digencarkan Dinkes OKU Sumsel
Program vaksinasi COVID-19 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program vaksinasi digencarkan oleh Dinkes Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, pada saat bulan Ramadhan 1443 Hijriah agar target sasaran lebih cepat tercapai.

Andi Prapto, Pelaksana Tugas Kepala Dinkes OKU, menyampaikan momentum Ramadan ini dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menggencarkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang tetap melayani masyarakat seperti biasa.

"Jadi selama bulan puasa justru kami manfaatkan untuk menggencarkan vaksinasi, baik vaksin lengkap maupun booster," katanya.

Andi mengatakan, momentum  ini didukung dengan aturan pemerintah yang mengizinkan masyarakat mudik saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dengan syarat sudah divaksin lengkap dosis kedua, serta vaksin booster.

Vaksinasi Digencarkan untuk Memfasilitasi Perjalanan Mudik Masyarakat

Dengan adanya aturan kelonggaran pemerintah tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat agar dapat melakukan perjalanan mudik lebaran.

"Fokus vaksinasi bulan Ramadhan ini untuk dosis kedua dan vaksin booster yang saat ini baru tercapai sekitar 4,41 persen atau masih di bawah angka 15.000 jiwa dari 250 ribu target sasaran," katanya.

Untuk mengejar target tersebut, Dinas Kesehatan OKU menyiapkan sebanyak 22 tempat pelayanan vaksinasi dengan 122 vaksinator yang dikerahkan agar masyarakat terlayani secara maksimal.

Pelayanan Vaksinasi COVID-19 di OKU selama Ramadan Dilaksanakan Secara Jemput Bola

Petugas kesehatan di setiap Puskesmas juga menggencarkan upaya jemput bola mendatangi masyarakat hingga desa-desa khususnya para lansia untuk disuntik vaksin COVID-19 lengkap dan booster.

"Diprediksi animo vaksinasi mulai tinggi sebelum lebaran nanti khususnya vaksin booster. Untuk itu kami menyiapkan sebanyak 6.000 dosis AstraZeneca dan akan ditambah sesuai kebutuhan,".

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.