148 Calon Haji OKU Sumsel Jalani Tes PCR COVID-19 Jelang Berangkat ke Tanah Suci
Ilustrasi jemaah calon haji asal Indonesia menjalankan ibadah pada keberangkatan 2022. (ANTARA)

Bagikan:

SUMSEL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), memfasilitasi pemeriksaan tes usap PCR untuk 148 calon haji asal daerah itu yang segera diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Hari ini dilakukan tes PCR untuk 148 calon haji kloter 5 Embarkasi Palembang yang akan diberangkatkan pada 29 Juni 2022," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes OKU Anuar Fahri di Baturaja, dikutip dari Antara, Senin 27 Juni.

Dia menjelaskan, tes usap PCR merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh seluruh calon haji di Indonesia, termasuk di Kabupaten OKU guna memastikan tidak terpapar COVID-19 saat menjalani ibadah haji di Arab Saudi.

Untuk itu, kata dia, menjelang keberangkatan jemaah calon haji (JCH), pihaknya menyediakan layanan tes PCR secara gratis untuk JCH OKU yang dilaksanakan di Puskesmas Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU.

"Dalam pemeriksaan kami mengerahkan sebanyak 25 tim medis karena target satu hari rampung," tuturnya.

Menurut dia, seluruh sampel tes usap 148 calon haji itu selanjutnya langsung dibawa ke laboratorium Palembang dan hasilnya akan diumumkan pada 28 Juni 2022 atau satu hari menjelang keberangkatan.

"Besok hasil tes usap PCR dibagikan kepada seluruh calon haji di Asrama Haji Palembang," katanya.

Jika hasil tes usap nanti ada yang positif, kata dia, akan dilakukan isolasi mandiri dan dilakukan pemeriksaan ulang di Palembang sebelum calon haji diberangkatkan ke Tanah Suci.

Anuar berharap hasil uji laboratorium nanti tidak ada calon haji asal OKU yang positif terpapar COVID-19 mengingat pihaknya bersama Kantor Kementerian Agama setempat sudah memberikan imbauan kepada para jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan menjelang keberangkatan.

"Kita terus sosialisasikan mengenai protokol kesehatan kepada jemaah calon haji agar keberangkatan sesuai dengan jadwal dan dalam kondisi sehat," tandasnya.