Dinkes Sumsel Gencarkan Vaksinasi COVID-19 Pelajar demi Kelancaran PTM
Dinas Kesehatan Sumsel (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar digencarkan oleh Dinas Kesehatan Sumatera Selatan untuk mendukung berjalannya pembelajaran tatap muka (PTM).

Berdasarkan data, vaksinasi dosis pertama bagi pelajar baru mencapai 3,16 persen atau sebanyak 26.794 orang, sedangkan dosis kedua sekitar 2,31 persen atau 19.536 orang, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Kamis.

Vaksinasi bagi Pelajar Dipercepat untuk Capai Kekebalan Kelompok Lingkungan Sekolah

Menurut dia, melihat masih sedikitnya pelajar yang telah divaksin, berbagai upaya percepatan pelayanan vaksinasi COVID-19 akan dilakukan sehingga bisa segera tercapai kekebalan kelompok (herd immunity) secara maksimal di lingkungan sekolah.

Untuk melakukan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar, pihaknya bersama Dinkes di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel menyiapkan 3.300 vaksinator, katanya.

Dia menjelaskan, pelayanan vaksinasi bagi pelajar itu dilakukan dengan cara kegiatan massal di sekolah dan 459 fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di seluruh wilayah provinsi setempat.

Kemudian juga dilakukan di sentra vaksinasi berbagai komunitas dan organisasi yang mendapatkan kuota vaksin COVID-19.

Pertemuan Tatap Muka Dilakukan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Kegiatan vaksinasi bagi pelajar diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga tercipta kekebalan kelompok dan sekolah pertemuan tatap muka tidak menjadi klaster baru penularan COVID-19.

Jika sekolah pertemuan tatap muka secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat dan vaksinasi maksimal berlangsung sesuai harapan bersama, seluruh sekolah dapat segera dibuka seperti sebelum pandemi COVID-19, ujar Kadinkes.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.