Polda Sumsel Gencarkan Patroli di Kota Palembang selama Ramadan 2022
Patroli Polda Sumsel selama Ramadan 2022 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Patroli dini hari digiatkan oleh aparat Polda Sumatera Selatan guna menciptakan keamanan dan masyarakat di Palembang pada saat Ramadan 1443 H/2022 M.

Kombes Pol Supriadi, Kepala Bidang Humas Polda Sumsel, menambahkan bahwa patroli dini hari selama bulan Ramadhan tersebut bekerja sama dengan personel Polrestabes Palembang, aparat TNI dan Satpol-PP.

Karena berdasarkan pengalaman bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, kata dia, aparat masih menemukan masyarakat untuk mengidentifikasi istilah “asmara subuh”, saat malam dini hari hingga menjelang subuh atau setelah jam sahur.

Dalam aktivitas kumpul-kumpul tersebut mungkin merupakan gangguan kamtibmas seperti tawuran atau serta tindak kejahatan lain sehingga perlu terjadi.

“Dalam patroli ini setiap aktivitas yang mungkin menjadi gangguan kamtibmas kami tertibkan,” kata dia.

Pos Pengamanan di Palembang Selama Ramadan

Menurut Supriadi, secara umum aparat kepolisian telah menyiapkan beberapa pos-pos yang tersebar di lokasi yang menjadi pusat keramaian khususnya wilayah rumah ibadah di Kota Palembang maupun di seluruh kabupaten/kota lain, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat menjalankan ibadah.

Kepala Polrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, dalam pelaksanaan patroli kamtibmas tersebut sedikitnya sudah menyiapkan sebanyak 100 orang personel Tim Gabungan Satuan Samapta Presisi, Satuan Lalu Lintas yang dikerahkan pendampingan personel dari Polda Sumsel.

“Patroli yang ditingkatkan ke seluruh wilayah kota itu dilakukan secara berkala setiap hari,” kata dia.

Polda Sumsel Patroli Selama Ramadan Meghan Tindakan Pencegahan

Menurutnya, tim patroli tersebut berfokus pada tindakan preemtif dan preventif mengantisipasi adanya tindak kriminalitas, termasuk turut serta melakukan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan dengan masyarakat setempat.

"Sudah menjadi komitmen kami aparat kepolisian menciptakan dan memastikan masyarakat, sehingga khusyuk beribadah," kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.