532 Pucuk Senjata Api Dimusnahkan oleh Polda Sumsel, Hasil Sitaan Operasi Senpi Musi 2022
Pemusnahan senjata api rakitan oleh Polda Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 532 pucuk senjata api rakitan dimusnahkan oleh aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel). Senjata api yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sitaan dari masyarakat yang diperoleh saat “Operasi Senpi Musi 2022” di 17 kabupaten/kota.

Pemusnahan senjata api rakitan tersebut terdiri dari 323 pucuk laras panjang dan 209 pucuk laras yang dilakukan dengan cara memotong menggunakan mesin pemotong besi di halaman Lapangan Tembak Maskas Polda Sumsel.

“Saya pemusnahan ini kami menyampaikan jika kepemilikan senjata api di masyarakat itu dilarang dan tidak diatur dalam undang-undang,” kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harman di Palembang, Rabu.

Toni memastikan Polda Sumsel beserta jajaran Polres tidak akan mengawasi bulu untuk menindak tegas siapapun masyarakat yang kedapatan memiliki, membuat, menyimpan atau menyembunyikan senjata api.

Polda Sumsel Gencarkan Operasi Senjata Api

Ia mengaku kepolisian harus bertindak keras mengingatkan masyarakat terkait masalah senjata api rakitan tersebut.

Karena kepolisian tidak dapat memungkiri bahwa senjata api sudah melekat pada masyarakat Sumsel, bukan hanya memiliki tapi sudah menjadi sebagai daerah yang memproduksi senjata api rakitan.

“Dalam Kegiatan Operasi Senpi Musi ke depan kepolisian sudah berbicara pada proses penegakan hukum yang refresive, makanya, lebih baik menyerahkan senjata api secara sukarela mulai dari sekarang kepada petugas kepolisian,” kata dia.

Senjata Api Menjadi Pemicu Tindak Kriminalitas di Sumatera Selatan

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan aparat kepolisian dalam kepemilikan senjata api ilegal di masyarakat tersebut.

“Dari kegiatan yang demikian diharapkan Sumsel akan terbebas dari peredaran senjata api ilegal, yang riskan di salah digunakan menjadi pemicu kriminalitas itu,” kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.