Pasar Induk Batukuning OKU Bakal Difungsikan, Setelah Terbengkalai Sekian Lama
Pasar Induk Batukuning OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pasat Induk Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, bakal segera difungsikan oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar OKU. Nantinya pasar tersebut bakal menjadi sarana akses jual beli bagi masyarakat daerah.

Menurut dia, wacana untuk memfungsikan kembali Pasar Induk ini sebenarnya sudah lama dirancang, namun akibat kondisi keuangan dimasa pandemi yang tidak memungkinkan sehingga terjadi penundaan.

"Hal ini dipandang perlu mengingat Pasar Induk yang dibangun sejak tahun 2008 itu sudah lama tidak berfungsi secara maksimal," kata Direktur PD Pasar Ogan Komering Ulu (OKU), Malkomar Du’I di Baturaja, Kamis.

Perbaikan Pasar Induk Batukuning OKU

Oleh sebab itu, kata dia, untuk mengaktifkan pasar ini pihaknya akan segera melakukan kordinasi dengan pemerintah daerah supaya bisa direalisasikan tahun ini.

Untuk tahap awal pihaknya akan melakukan perbaikan fasilitas pasar karena di beberapa titik lokasi dan los sudah banyak yang mengalami kerusakan.

"Saya yakin jika sudah direhabilitasi dan diaktifkan kembali, pasar ini akan berjalan maksimal sesuai fungsinya. Apalagi di sekitar kawasan tersebut sudah ada sembilan perumahan dengan jumlah penduduk mencapai lebih 3.000 ribu jiwa," ujarnya.

Untuk mengoptimalkan fungsi Pasar Induk ini pihaknya juga membutuhkan dukungan dari beberapa instansi seperti Dinas Perhubungan sebagai penyedia transportasi.

"Rasanya juga angkot perlu diaktifkan. Paling tidak rute angkot tersebut mulai dari perumahan warga sekitar pasar menuju Pasar Induk," ujarnya.

Pasar Induk Batukuning OKU Terbengkalai

Sementara pantauan Antara di Pasar Induk Batukuning terlihat puluhan los dan lapak pedagang tidak berfungsi secara maksimal, hanya ada beberapa kios yang diisi pedagang sembako.

Kondisi pasar yang dibangun menggunakan dana miliaran rupiah ini terkesan tak bermanfaat atau terbengkalai sejak berdiri belasan tahun lalu.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.