Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih 2023, Pemkab OKU Timur Mulai Bagi-bagi ke Masyarakat
Ilustrasi bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Unsplash)

Bagikan:

SUMSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur membagikan ribuan bendera Merah Putih dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengatakan, pembagian ini bagian dari 'Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023' sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kegiatan ini merupakan sinkronisasi program pemerintah pusat dan daerah," katanya di OKU, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin 31 Juli, disitat Antara.

Dia menjelaskan, pembagian bendera Merah Putih itu untuk mempersatukan bangsa serta meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, mengingatkan kepada warga negara bahwa Indonesia berdiri dengan perjuangan merah putih.

"Bendera Merah Putih ini akan dipasang di seluruh instansi pemerintah, swasta, partai politik, sekolah, tempat umum, rumah, dan tempat strategis lainnya," ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten OKU Timur Faizal menuturkan bahwa kegiatan ini tindak lanjut dari program Presiden Jokowi yang diteruskan melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri.

"Atas perintah Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah, kami membagikan ribuan bendera Merah Putih kepada masyarakat, dan ini merupakan gelombang ke-2," kata dia.

Ribuan bendera tersebut dibagikan kepada masyarakat yang melintas di kawasan Pasar Martapura dan sekitar area perkantoran Pemkab OKU Timur.

"Setelah ini pembagian dilanjutkan di tempat-tempat terbuka lainnya, seperti di Lapangan Tani Merdeka Martapura," ujarnya.