Gerakan Sumsel Mandiri Pangan; Lima Desa di OKU Mendapat Bantuan Benih Ikan dan Sayur Mayur
Pemkab OKU gelar sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) didapatkan oleh sejumlah lima desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Bantuan yang diberikan berupa benih ikan dan sayur mayur untuk dibudidayakan di pekarangan rumah.

Widada Sutisna, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel, mengatakan lima desa itu meliputi Desa Gunung Kuripan, Lubuk Rukam, Lubuk Batang Baru, Batu Marta I dan Desa Saung Naga dengan penerima sebanyak 100 kepala keluarga.

Bantuan Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Adapun bantuan yang diberikan berupa benih dan pakan ikan, drum, planter bag, bibit sayur, bibit buah, leaflet budidaya ikan lele dan budidaya sayur serta stiker GSMP.

"Bantuan tersebut diberikan Pemprov Sumsel untuk dibudidayakan oleh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah," katanya.

Dia menjelaskan, bantuan GSMP tersebut ditujukan untuk mengubah pola fikir masyarakat dari pembeli menjadi penghasil.

"Dalam program ini yang harus dilakukan oleh keluarga penerima manfaat yaitu memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan media penghasil sayur mayur, buah segar dan membudidayakan ternak ikan agar hasil panennya nanti dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara itu, Pelaksana Harian Bupati OKU, Edward Candra menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pemprov Sumsel tersebut dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Menurut Edward, pada prinsipnya Gerakan Sumsel Mandiri Pangan adalah mengajak masyarakat untuk produktif dalam menghasilkan pangan di pekarangan rumah.

"Tujuan dari gerakan ini yaitu untuk mengubah pola fikir masyarakat dari konsumtif menjadi produktif pangan sehingga dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten OKU," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.