COVID-19 di Sumsel Mulai Menggila Kembali; Dinkes Minta Masyrakat Waspada Penularan Virus Corona
Dinas Kesehatan Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Masyarakat Sumatera Selatan diminta oleh Dinas Kesehatan untuk waspada terhadap penularan COVID-19 yang kian merebak. Himbauan tersebut juga disampaikan  kepada para tenaga medis yang mana peran mereka sangat penting dalam penanganan kesehatan.

"Berdasarkan data terbaru per 8 Februari 2022 tercatat ada penambahan 361 kasus baru, sehingga secara keseluruhan masyarakat yang terpapar COVID-19 di provinsi ini mencapai 61.303 kasus," kata Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Rabu.

Cara Mencegah Penularan COVID-19

Khusus masyarakat, dalam kondisi terus terjadi penambahan kasus COVID-19 diimbau lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Kemudian menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta mengikuti program vaksinasi secara lengkap (dosis 1, 2, booster) sesuai dengan ketentuan.

Sedangkan bagi tenaga medis, diimbau untuk mempersiapkan diri memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, isolasi terpusat dan isolasi mandiri.

Kesiapan Rumah Sakit dalam Menghadapi COVID-19

Untuk memberikan pelayanan kesehatan dan isolasi bagi masyarakat yang terpapar COVID-19, pihak rumah sakit perlu meningkatkan kesiapan tenaga medis, peralatan, obat-obatan, oksigen dan ruang rawat inap.

"Saya telah membuat surat edaran Nomor 445/663/KES/V/2022 yang berisikan imbauan kesiapan rumah sakit menghadapi lonjakan kasus COVID-19 di Sumsel," ujar Lesty.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.