OKU Zona Oranye Penularan COVID-19; 101 Orang Positif Terpapar Virus Corona
Pelaksana Harian Bupati OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Status zona orannye risiko penularan COVID-19 disandang oleh Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah pasien terpapar virus Corona di wilayah tersebut sebanyak 101 orang.

Edwar Chandra, Pelaksana Harian Bupati Ogan Komering Ulu,  mengatakan bahwa peningkatan signifikan kasus COVID-19 dalam sepekan terakhir membuat wilayah Ogan Komering Ulu masuk ke zona oranye.

Guna menekan penularan penyakit tersebut, pemerintah kabupaten akan menggiatkan penegakan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan Cegah COVID-19 Gelombang Ketiga

Bupati menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja mengerahkan petugas untuk mengampanyekan penerapan protokol kesehatan serta menegakkan protokol kesehatan di pusat keramaian dan fasilitas umum yang berpotensi menjadi tempat kerumunan.

Dia juga meminta organisasi perangkat daerah melakukan pengukuran suhu tubuh serta mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi pada seluruh pegawai.

"Mulai hari ini kita harus bekerja ekstra guna menangkal penyebaran COVID-19 agar tidak semakin menyebar luas," katanya.

Data Capaian Vaksinasi COVID-19 di OKU

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Andi Prapto dalam rapat koordinasi melaporkan bahwa vaksinasi COVID-19 dosis pertama baru mencakup 89,10 persen dari 269.955 sasaran, vaksinasi dosis kedua baru mencakup 55,93 persen dari target, dan vaksinasi penguat baru mencakup 1,98 persen dari sasaran.

Menurut dia, Dinas Kesehatan menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 menggunakan sistem jemput bola di desa-desa guna mencapai target seluruh sasaran vaksinasi sudah mendapat dua dosis vaksin COVID-19 pada akhir Februari 2022.

"Karena sejauh ini vaksin masih menjadi cara yang ampuh untuk menangkal COVID-19," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.