Satgas Belitung Gerak Cepat Telusuri Penyebara COVID-19 Varian Delta
Tim Satgas COVID-19 Belitung melakukan pelacakan sebaran varian delta (ANTARA/Kasmono)

Bagikan:

PALEMBANG- Penyebaran virus corona varian delta sedang ditelusuri oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sahani Saleh, Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan pelacakan dan penelusuran kasus COVID-19 varian delta akan dilakukan secara intensif disejumlah tepat umum dan tempat lainnya.

"Pelacakan kasus COVID-19 varian delta kami lakukan secara lebih ketat disejumlah wilayah terurtama di area umum," katanya.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut setelah ditemukannya kasus COVID-19 varian delta di daerah itu.

Pelacakan tersebut juga melibatkan jajaran di tingkat bawah mulai dari RT/RW, desa/kelurahan kemudian para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah itu.

P2P Dinkes Belitung Gerak Cepat Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Delta

"Misalnya dalam satu RT itu ada yang terpapar maka langsung kami lakukan "tracing" kepada mereka yang kontak erat juga masyarakat sekitar minimal 15 orang," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan pihaknya juga bergerak cepat guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 varian delta di daerah itu

"Kami akan melakukan penelusuran kontak secara ketat dan cepat dengan harapan segera ditemukan dan dilakukan pencegahan sedini mungkin," katanya.

Penularan COVID-19 Vairan Delta Lebih Cepat

Menurutnya penularan COVID-19 varian delta memang lebih cepat jika dibandingkan dengan COVID-19 varian sebelumnya.

"Penularan varian ini lebih cepat seperti yang terjadi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah namun kunci pencegahan tetap protokol kesehatan," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.