BPBD Bangka Tengah Ungkap Maraknya Tambang Timah Ilegal di Sungai Mangkol Sebabkan Pendangkalan
BPBD Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penambangan biji timah ilegal di Sungai Mangkol, Kabupaten Bangka Tengah, semakin marak atau ramai. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengungkapkan aktivitas tersebut membuat sungai mengalami pendangkalan yang memicu banjir.

"Hasil survei kemarin, banyak tambang-tambang timah ilegal beroperasi di kaki bukit dan Sungai Mangkol," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan penambangan bijih timah inkonvensional di aliran sungai dan kaki bukit Mangkol ini tidak hanya merusak lingkungan hutan dan sungai, tetapi menimbulkan sendimentasi tinggi yang menyebabkan pendangkalan di hulu dan hilir sungai.

"Selama ini pemicu banjir selain curah hujan dan air laut pasang, juga disebabkan pendangkalan aliran dan muara sungai yang tinggi," ujarnya pula.

BPBD Bangka Tengah Survei Sungai untuk Mengantisipasi Bencana Banjir

Menurut dia, dalam mengantisipasi bencana banjir selama musim hujan ekstrem ini, pihaknya telah melakukan survei di beberapa sungai, dan ditemukan puluhan tambang-tambang ilegal beroperasi di kaki bukit dan Sungai Mangkol ini.

"Kami tidak berwenang menertibkan tambang-tambang yang beroperasi di kawasan terlarang ini, dan untuk masalah penertiban kami serahkan kepada aparat penegak hukum," katanya pula.

Penyebab Pendangkalan Sungai di Bangka Tengah

Ia menyatakan saat ini kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai sudah sangat baik. Jadi sekali lagi, pendangkalan sungai ini bukan sampah masyarakat.

"Pendangkalan sungai ini disebabkan sampah-sampah dari hasil penambangan bijih timah yang beroperasi di hulu sungai ini," katanya lagi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.