Tegas! Aparat Kepolisian yang Mengizinkan dan Melindungi Tambang Ilegal Akan Ditindak Kapolda Babel
Polda Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Irjen Pol. Yan Sultra, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan akan menindak tegas aparat kepolisian yang mengizinkan dan melindungi aktivitas penambangan bijih timah ilegal. Langkah tegas ini dijalankan demi mencegah penambangan ilegal.

"Aparat yang mem-backing- i saya tidak tegas, komitmen ini kami untuk mendukung pemerintah bagaimana mengatasi penambangan ilegal" kata Irjen Pol. Yan Sultra di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan penindakan terhadap tambang ilegal sudah sering dilakukan namun kegiatan ini belum sepenuhnya teratasi sehingga saat ini tambang ilegal masih marak di Babel. Oleh karena itu hal seperti ini tidak dapat dilakukan oleh pihak kepolisian saja, tetapi harus melibatkan semua pihak.

"Bagi aparat kepolisian yang terlibat atau mem-backing-saya ikut tambang ilegal ini, saya amankan sesuai hukum," ujarnya.

Mengatasi Masalah Lingkungan Penambangan Timah

Menurut dia, kebijakan Presiden RI Joko Widodo menugaskan Pj. Gubernur Babel Ridwan Jamaluddin sangat tepat pada saat ini Ridwan Djamaluddin juga menyandang jabatan sebagai Dirjen Minerba di Kementerian ESDM RI.

"Mari kita bersama-sama berupaya mengatasi masalah masalah lingkungan, dampak dari pertambangan timah sekaligus menemukan solusi maraknya tambang timah ilegal," katanya.

Pejabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa pertambangan timah dengan kelestarian lingkungan merupakan dua hal yang berseberangan.

"Penambangan timah dengan lingkungan itu adalah dua hal yang sering tidak sesuai dengan hasil kontrol," katanya.

Penambangan Timah Perusahaan Tambang

Ia mencontohkan dalam beberapa tahun lalu yang boleh menambang timah hanyalah Perusahaan Tambang Timah Bangka (TTB) sehingga lingkungan tetap terjaga dengan baik.

"Waktu saya kecil, saya bisa berenang di sungai, mencari udang, air sungai bening, dan bersih," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.