OKU Timur Wujudkan Pembangunan "Food Estate", Lahan 20.000 Ha Sedang Dipersiapkan
Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah. (ANTARA/HO/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan berencana merealisasikan lumbung pangan baru di daerahnya atau “agro solution food estate”. Saat ini sempit sedang menyediakan lahan seluas 20.000 (Ha).

Lanosis Hamzah, Bupati OKU Timur, menyampaikan untuk membangun perkebunan pangan harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari lahan, bibit hingga hasil produksi pertanian yang mumpuni.

"Di Kabupaten OKU Timur sendiri saat ini memiliki luas lahan tanam seluas 60,634 hektare dengan jumlah petani sebanyak 24,332 orang," katanya di Martapura, Rabu, 16 Juni.

Kelompok Tani Sumsel Mendapat Pembekalan Korporasi untuk Pembangunan Food Estate

Untuk program pembangunan lumbung pangan baru di OKU Timur, kata dia, bersiaplah menyiapkan lahan seluas 20.000 hektare yang tersebar di 19 kecamatan.

Pemkab OKU Timur juga telah melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam mewujudkan wilayah agro solution food estate di wilayah itu.

"Selain itu, seluruh kelompok tani di OKU Timur juga sudah mendapat pembekalan korporasi dalam rangka mewujudkan program tersebut," ujar dia.

Program Pembangunan Food Estate Didukung Penuh oleh Gubernur Sumsel

Menurut dia, selain sebagai program ketahanan pangan, manfaat pembangunan food estate ini juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Ia bersyukur dan merasa senang karena program tersebut didukung penuh oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. Rencanannya pihak Pemprov Sumsel bakal mengalirkan bantuan dana kepada OKU Timur agar untuk pembuatan korporasi food estate.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .