Polisi OKU Pantau Jalannya Protokol Kesehatan di Pusat Keramaian Baturaja
Personel Polres OKU memberikan edukasi protokol kesehatan menggunakan papan bicara di Taman Kota Baturaja, Senin (17/5/2021) ANTARA/Edo Purmana

Bagikan:

PALEMBANG - Anggota Kepolisian Resort Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, pemeliharaan penerapan protokol kesehatan di beberapa pusat keramaian di Kota Baturaja.

Pemantauan prokes jelang lebaran dijalankan melalui kegiatan  Mang Pedeka Serbu Kampung Zona Oranye  di wilayah Kecamatan Baturaja Timur.

“Kegiatan  Mang Pedeka Serbu Kampung Zona Oranye  yang dilaksanakan  selama libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah hingga beberapa hari ke depan ini untuk menunjukkan angka penyebaran virus corona,” kata Kapolres Ogan Komering Ulu ( OKU) ), AKBP Arif Hidayat Ritonga di Baturaja, Senin.

Polisi OKU Menugaskan Puluhan Personel untuk Memantau Penerapan Prokes

Dalam kegiatan pihaknya menerjunkan puluhan personel untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut di sejumlah titik keramaian di Kota Baturaja seperti pasar, Taman Kota Baturaja dan Citimall.

Personel yang dikerahkan ini orang yang memberikan pendidikan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat yang menggunakan papan bicara tetap mematuhi kesehatan yang disarankan.

Sosialisasi menggunakan papan bicara dan alat pengeras suara ini mengimbau masyarakat agar selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas berpergian.

"Dipilihnya titik lokasi ini karena biasanya ramai dikunjungi masyarakat yang masih banyak mengabaikan protokol kesehatan," jelasnya.

Masyarakat yang Melanggar Prokes Akan Dididik oleh Personel yang Bertugas

Seperti di Taman Kota Baturaja masih terdapat kerumunan masyarakat yang menimbulkan klaster penyebaran virus corona sehingga dibubarkan oleh petugas di lapangan.

Ketika ditanya soal sanksi yang akan dikenakan bagi pelanggar, ia menjawab belum ada. Teguran yang diberikan dalam bentuk edukasi. Namun, jika ada kerumunan kerumunan langsung dibubarkan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .