Pemkab OKU Memperketat Pengawasan Prokes di Pusat Perbelajaan Baturaja pada Malam Tahun Baru 2022
Penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawasan penerapan protokol kesehatan di tempat perbelanjaan di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, bakal diperketat oleh Pemkab setempat. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Khususnya pada malam menjelang pergantian tahun baru nanti pemantauan prokes akan lebih diperketat lagi," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU) Amzar Kristopa di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan personel satgas saat ini mulai disiagakan di Ramayana dan Citimall Baturaja untuk memastikan pengunjung menerapkan protokol kesehatan 5M.

Pengelola Pusat Perbelanjaan dan Wisata Wajib Menjalankan Prokes Secar Ketat

Pihak pengelola juga wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat, seperti mewajibkan penggunaan masker, petugas yang siaga, penyediaan tempat mencuci tangan, dan penyanitasi tangan, mengecek suhu tubuh, serta mengatur tempat duduk berjarak.

Selain itu, seluruh tempat pelayanan publik mulai dari perkantoran, pasar, mal, hingga tempat wisata wajib memasangkan alat pemindai aplikasi PeduliLindungi untuk setiap pengunjung guna meminimalisasi penyebaran COVID-19.

"Penerapan aplikasi PeduliLindungi ini menjadi fokus pengawasan saat malam tahun baru nanti untuk memastikan sudah diterapkan dengan benar," katanya.

Langkah Mencegah Kerumunan Masyarakat di Malam Tahun Baru

Dia menambahkan untuk mencegah kerumunan masyarakat pada malam pergantian tahun, ratusan personel gabungan satgas akan menyisir sejumlah pusat keramaian dan tempat hiburan malam, termasuk hotel yang beroperasi di Kota Baturaja.

"Termasuk juga di kawasan objek wisata Goa Putri dan Goa Harimau di Kecamatan Semidang Aji nantinya disiagakan personel untuk mengawasi prokes. Jika terdapat kerumunan maka akan kami bubarkan," kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.