Jokowi Tampil Gagah Kenakan Baju Adat Bangka Belitung, Apa Makna Motif Pucuk Rebung pada Pakaiannya?
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat tiba di kompleks parlemen, Jakarta, Selada (16/8/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

PALEMBANG - Baju adat Bangka Belitung yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD berwarna hijau dan bermotif pucuk rebung.

Motif pucuk rebung pada baju adat Bangka Belitung yang dikenakan Jokowi melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan, dilansir ANTARA, berdasarkan informasi yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden tiba di kompleks parlemen didampingi istri Iriana Joko Widodo sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa, 16 Agustus.

Ibu Negara hadir mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada serta dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Istri tiba lebih dulu sekitar pukul 08.48 WIB. Tampak Wapres hadir mengenakan pakaian adat Solo dengan blankon, sementara Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya berwarna hijau.

Pakaian Adat Wapres di Sidang Tahunan MPR

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan Sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai Blangkon Trepes rata bagian belakang. Ada pun untuk bawahan, Wapres memakai kain jarik batik cokelat motif Sidomukti dan selop berwarna emas.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin tampak mengenakan kebaya kartini bernuansa hijau dipadu dengan kerudung berwarna senada, yang dipasangkan dengan bawahan kain batik dan selendang berwarna gelap.

Kehadiran Presiden Jokowi di kompleks parlemen untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 serta Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR

Presiden diagendakan menyampaikan pidato kenegaraan serta pengantar RAPBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan.

Kegiatan di kompleks parlemen ini merupakan rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022. Kegiatan ini dapat disaksikan melalui tayangan langsung di kanal Youtube DPR RI dan Sekretariat Presiden.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.