9 Jenis Bawahan yang Cocok untuk Baju Batik Wanita, Bagaimana Cara Memadukannya?
Ilustrasi bawahan yang cocok untuk baju batik wanita (Unsplash/Tycho Atsma)

Bagikan:

PALEMBANG- Batik menjadi pakaian yang biasanya digunakan untuk acara-acara formal atau resmi. Dalam memakai batik, butuh pertimbangan untuk memadukan atasannya dengan bawahan, baik soal kombinasi warna hingga jenis model. Pasalnya, mayoritas motif batik memiliki kombinasi warna sehingga perlu jeli untuk mengemas kesan secara pas.

Ketika memadukan atasan baju batik wanita, terdapat rekomendasi jenis bawahan yang cocok. Berikut daftar model rok dan celana sekaligus bahannya.

1. Celana jeans

Gaya atau style batik casual dengan segera terlintas memadukan batik dan jeans wanita. Bagaimana tidak, celana dengan bahan yang kokoh ini sempurna dipadukan dengan batik warna-warna cerah. Perlu diperhatikan, kesan kasual dari memadukan batik dan celana denim bisa dikenakan ketika bekerja ataupun acara semi formal namun tetap memperlihatkan kesan profesional.

2. Rok A-line

Memadukan atasan batik dengan bawahan rok hitam ialah kombinasi paling aman. Terutama jika Anda menyukai penampilan yang sederhana nan manis. Maka, padukan atasan batik dengan berbagai warna motif dengan bawahan rok A-line yang lebar sehingga lebih fleksibel dalam beraktivitas.

3. Rok plisket

Bosan dengan model rok A-line, Anda bisa memadukan baju batik wanita dengan rok plisket. Rok ini cukup populer dalam tiga tahun terakhir. Jadi tak ada salahnya mengkombinasikan atasan batik kesayangan dengan bawahan rok yang kekinian.

4. Celana kain

Celana yang cocok dengan baju batik wanita, ialah celana kain. Selain memadukan dengan jenis bawahan seperti yang dipaparkan sebelumnya, Anda bisa memilih celana kain yang berbahan nyaman. Untuk warna, pilihlah yang paling match dengan motif atasan batik yang akan Anda kenakan. Misalnya, jika motifnya gelap, untuk terlihat lebih cerah pilih warna celana yang terang, seperti putih, cokelat muda, maupun biru muda.

5. Legging

Nah, celana legging bisa juga dipadukan dengan atasan batik yang panjang di bawah lutut. Bahkan, jika Anda memakai blazer batik dan atasan panjang, bisa juga mengkombinasikannya dengan celana fit seperti legging.

6. Chino pants

Celana chino umumnya terbuat dari katut berbahan ringan sehingga berbeda dengan bahan khaki. Potongannya fit tetapi lebih tebal daripada legging. Celana chino juga cocok dipadukan dengan atasan batik untuk wanita.

7. Wrapped skirt

Penampilan feminin menggunakan atasan batik, bisa dikesankan ketika memadukannya dengan wrapped skirt. Model rok wrapped, menggunakan ikat di bagian pinggang. Umumnya potongan A-line namun lebih asimetris. Untuk terlihat lebih cantik, pastikan atasan batik dengan potongan sederhana sehingga enggak saling bertabrakan style.

8. Rok Flare

Rok flare umumnya menggunakan bahan ringan, potongannya panjang hingga mata kaki. Saat memadukan dengan batik, bisa melengkapi penampilan menawan Anda dengan sepatu heels.

9. Rok pensil

Postur akan lebih fokus terlihat ketika memakai bawahan rok pensil. Untuk kesan formal, perpaduan rok pensil dan atasan batik bisa cocok. Tetarik memadukan dua jenis outfits ini? Pastikan model atasan yang pas ya, misalnya kombinasikan atasan batik potongan peplum dengan rok pensil.

Soal memadukan warna, perlu menyesuaikan dengan warna pakaian atasan Anda. Jika memungkinkan, pilih satu tone warna yang berkaitan. Apabila ingin tampil beda, mainkan kreativitas Anda untuk memadu-padankan warna-warna motif dengan bawahan baju batik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.