Jokowi Merasa Nyaman Gunakan Baju Adat Suku Baduy saat Pidato di Sidang MPR RI
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Baduy/Antara

Bagikan:

PALEMBANG - Presiden Joko Widodo melakukan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dengan mengenakan baju adat suku Baduy. Ia mengungkapkan dirinya sengaja memakai baju adat tersebut karenya desainnya yang sederhana.

 "Busana yang saya pakai ini adalah adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya sederhana," kata Jokowi di sela bicaranya yang ditampilkan secara berani, Senin, 16 Agustus.

Jokowi Merasa Nyaman Menggunakan Baju Adat Suku Baduy

Selain sederhana, eks Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan pengaturan baju adat itu terasa nyaman digunakan.

Lebih lanjut, Jokowi sempat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ketua adat masyarakat Baduy yang telah menyiapkan bajunya tersebut.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Djarul Saijah, Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," ujarnya.

Jokowi Mengenakan Baju Adat Baduy saat Sidang MPR RI

Sebelumnya, Presiden Jokowi hadir pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021 menggunakan pengaturan baju dan celana berwarna hitam lengkap dengan penutup kepala berwarna biru seperti yang kerap digunakan masyarakat suku Baduy.

Selain itu, dia juga tampak menggunakan sandal berwarna hitam dan tas selempang dari anyaman berwarna cokelat.

Tercatat Jokowi pernah memakai baju adat Sabu, NTT pada 2020; baju adat suku Sasak, NTB pada 2019; dan baju adat Bugis, Makassar pada tahun 2017.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .