Lomba Balap Perahu Sampan Digelar di Belitung, Perebutkan Piala Danlanal Babel
Danlanal Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Lomba balap perahu sampan digelar oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi sarana pelestarian budaya olahraga tradisional bagi nelayan dan masyarakat umum di wilayah itu.

Perlombaan balap perahu sampan Danlanal Babel Cup 2022 diselenggarakan di perairan dermaga Air Kantung Sungailiat, Minggu, bersamaan untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI.

Danlanal Babel Letkol Laut (P) Dadan Hamdani mengatakan, melalui lomba olahraga tradisional balap perahu sampan dan hias kapal nelayan menjadi momentum mempererat tali silaturahim dan memperkuat sinergi TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat.

"Lomba ini tidak hanya menuntut kekompakan dalam sebuah tim namun juga mengadu ketangkasan, kecepatan yang dinamis," jelasnya.

Olahraga Tradisional Balap Perahu Sampan

Olahraga tradisional balap perahu sampan kata dia, harus tetap terjaga dan dilestarikan sebagai warisan budaya yang mampu mendorong pertumbuhan sektor kepariwisataan daerah.

"Saya berharap melalui lomba tradisional ini pula mampu sebagai wahana edukasi, membangkitkan semangat kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah serta melahirkan atlet-atlet berprestasi baik di tingkat wilayah, nasional dan Internasional," kata Danlanal.

Lomba Balap Perahu Sampan Piala Danlanal Babel 2022

Lomba balap perahu sampan dan hias kapal nelayan merebutkan piala Danlanal Babel 2022 diikuti kurang lebih 1.000 peserta berasal dari sejumlah daerah di wilayah itu. Kegiatan yang berjalan cukup meriah dinilai mampu membantu meningkatkan sektor ekonomi kreatif skala mikro.

Sementara Wakil Bupati Bangka Syahbudin memberikan apresiasi besar kepada TNI AL Babel yang menginisiasi lomba olahraga cabang balap perahu sampan.

"Lomba ini cukup menarik dan menjadi perhatian karena sangat penting sebagai sarana pelestarian olahraga tradisional sekaligus mendukung pengembangan sektor pariwisata," jelasnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.