Festival Pangkallalang di Belitung Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Perekonomian
Festival Pangkallalang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sahani Saleh menilai pelaksanaan Festival Pangkallalang mampu membangkitkan perekonomian masyarakat di daerah itu setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Pelaksanaan Festival Pangkallalang yang ketiga kalinya, kami yakini mampu mendorong pemulihan sektor perekonomian daerah," katanya di Tanjung Pandan, Senin, ketika membuka Festival Pangkallalang 3. 

Pelaksanaan festival Pangkallalang diyakini juga mampu mendorong kebangkitan kembali sektor pariwisata di daerah itu. "Pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi suatu perwujudan bahwa kita semua harus siap mengisi pembangunan dan mengembangkan segenap potensi yang dimiliki," ujarnya.

Festival Pangkallalang Mendorong Kemajuan Wisata di Belitung

Bupati menambahkan pemerintah daerah mendorong agar setiap kelurahan atau desa memiliki satu destinasi pariwisata atau satu kegiatan kepariwisataan guna mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

"Salah satunya adalah Festival Pangkallalang ini bagian dari upaya mendorong kemajuan pariwisata Belitung," katanya.

Dikatakan dia, dalam beberapa pekan ini pemerintah daerah akan menggelar banyak kegiatan dan festival untuk mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi daerah.

"Baik yang berstandar lokal maupun nasional. Hal ini tentunya dapat menjadi indikasi positif bangkitnya sektor perekonomian daerah ke depan khususnya sektor pariwisata," ujarnya.

Rakaian Acara Festival Pangkallalang

Lurah Pangkal Lalang Muhammad Lusin Kuswantoro di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan Festival Pangkallalang berlangsung mulai 13-17 Juni 2022.Festival Pangkallalang diisi dengan kegiatan bazar UMKM lokal dan berbagai macam perlombaan guna melestarikan nilai-nilai kesenian, adat istiadat dan budaya setempat.

"Lomba yang kami selenggarakan seperti lomba berpantun, bernyanyi, menghias sajian makan Bedulang dan lomba panggang (memanggang) ikan bumbu," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.