PT Timah Lakukan Penanaman 5.000 Bibit Mangrove Bersama Ikebana Bangka
PT Timah lakukan penanaman bibit bakau bersama Yayasan Ikebana (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penanaman 5.000 bibit pohon bakau diakukan oleh PT Timah Tbk bersama Yayasan Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , pada peringatan Hari Mangrove Sedunia.

Ervawi, Ketua Yayasan Ikebana Bangka, mengatakan Ikebana bersama PT Timah Tbk sejak 2010 sudah mulai ratusan ribu menanan mangrove seluas 30 hektare di kawasan Pantai Rebo, guna meningkatkan kelestarian lingkungan pesisir pantai ini.

"Dulunya mangrove di kawasan ini rusak, sehingga pihaknya bersama PT Timah Tbk terus menggalakkan penanaman mangrove," kata Ervawi saat penanaman mangrove di Pantai Rebo, Selasa.

"Hari ini kami menanam 5.000 batang lagi dengan jenis fhizopora karena lokasinya berlumpur," katanya.

Ia menyatakan Ikebana bersama PT Timah Tbk konsisten melakukan penanaman mangrove. Mangrove yang ditanam sudah tumbuh dan memberikan dampak bagi masyarakat.

PT Timah Ajak Generasi Muda Menanam Bakau

Selain itu, juga melakukan pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan dengan melibatkan generasi muda, sebagai upaya untuk menumbuhkan kepedulian bagi generasi muda untuk menjaga ekosistem khususnya mangrove.

"Yang tanam bersama PT Timah Tbk tahun 2010 lalu tingginya sudah 8 meter dan yang ditanam 2017 itu sudah tinggi 5 meter. Ini kita bersama dan PT Timah Tbk mendukung penuh," katanya.

Ia berharap, kedepannya masyarakat dapat bersama-sama menjaga mangrove yang ditanam.

Danlanal Babel Dadan Hamdani mengatakan, program penanaman mangrove secara bersamaan sebagai upaya penanggulangan bencana alam dan perubahan iklim global.

"Hutan mangrove memiliki fungsi yang besar sebagai tunbuhan yang mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Dalam rangka hari Mangrove Sedunia jajaran TNI AL melakukan penanam mangrove serentak dengan tema 'sinergisitas penanaman mangrove nasional secara serentak tahun 2022 TNI AL siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global," katanya.

Kegiatan Penanaman Mangorve di Pesisir Pantai Rebo

Ia menyebutkan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan generasi mendatang.

"Melalui acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya mangrove Sebagai penjaga ekosistem laut. Setelah menanam kita, pelihara agar generasi mendatang dapat menikmati lingkungan hidup yang baik," pesannya.

Penanaman mangrove di kawasan mangrove terpadu pesisir pantai Rebo ini dihadiri dihadiri oleh Ketua Yayasan Ikebana, Ervawi, Danlanal Babel Dadan Hamdani, General Manager PT Timah Tbk, Ahmad Syamhadi, Forkompinda, masyarakat dan pelajar.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.