Persiapan Pelaksanaan G20, Pemkab Belitung Fokus Selesaikan Perbaikan Fasilitas Bandara
Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan G20 Belitung secara virtual di Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penyelesaian penambahan dan perbaikan fasilitas bandara HAS Hanandjoeddin tengah menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Langkah ini dilakukan untuk menyukseskan G20 pada 7-9 September 2022.

"Persiapan DWG (Development Working Group ) 20 di Belitung kami targetkan selesai pada akhir Agustus tahun ini," kata Bupati Belitung Sahani Saleh saat Rakor Pemantapan Persiapan G20 Belitung secara virtual di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan perbaikan dan pembangunan infrastruktur khususnya bandara, jalan, sarana dan prasarana publik terus dilakukan, agar perhelatan G20 di Negeri Laskar Pelangi ini berjalan sukses.

"Seluruh akses di titik-titik seperti jalan menuju pusat venue hingga destinasi wisata sebagai daya tarik wisata bagi delegasi G20 terus dilakukan pembangunannya dan ditargetkan akhir bulan ini tuntas," ujarnya.

Penambahan dan Perbaikan Fasilitas Bandara Tanjungpandan Belitung 

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II (Persero) Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Belitung Khaerul Asidiqi menyampaikan akan mengoptimalkan penyelesaian penambahan dan perbaikan fasilitas bandara, karena adanya penambahan penerbangan dari Cengkareng - Tanjungpandan menjadi 8 kali penerbangan per hari.

"Kami siap mengakomodasi penambahan penerbangan ini, mengingat selama ini slot time di Bandara Tanjung Pandan masih 50 persen," katanya.

Pembangunan KEK Tanjung Kelayang untuk G20

Perwakilan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang Daniel Alexander menyatakan bahwa pembangunan pusat venue progresnya sudah mencapai 80 persen dan untuk akomodasi sudah ada 40 kamar suite.

"Kami bersama tim bertekad menyuguhkan venue terbaik yang memberi first impression bahwa Indonesia, khusus Pulau Belitung, adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai potensi dimulai dari keindahan alamnya," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.