G20 Dinilai Bakal Memperkenalkan Wisata Belitung ke Pasar Internasional
Pulau Kelayang Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Indonesia menjadi penyelenggara Development Working Group (DWG) G20 pada tahun 2022. Pulau Belitung bakal menjadi tempat digelarnya acara G20. Acara internasional tersebut diharapkan dapat memperkenalkan Belitung sebagai tujuan wisata.

"Kita butuh bom besar untuk meledakkan wisata Belitug. Dan bom besar yang kita temukan sekarang adalah G20," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, di seminar bersama tiket.com di Kabupaten Belitung, Kamis.

G20 menjadi momen besar bagi pulau tersebut untuk membangkitkan sektor pariwisata yang dihantam pandemi dua tahun belakangan. Jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, mereka akan kehilangan kesempatan besar setelah ini Indonesia akan memasuki tahun politik, berbicara tentang wisata di media sosial akan kalah dengan diskusi tentang politik.

"Kita harus siap," kata Isyak.

Persiapan Belitung Menjadi Tuan Rumah G20

Persiapan mereka menuju perhelatan internasional tersebut, menurut sang wakil bupati, antara lain dengan perbaikan jalan, jembatan, destinasi wisata dan landasan ( runway ) bandara.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Bakri Hauriansyah, di acara yang sama, menjelaskan persiapan Pemerintah Kabupaten termasuk memindahkan anggaran untuk perhelatan internasional tersebut.

Bakri tidak menyebutkan secara pasti berapa besar anggaran mereka untuk DWG G20, namun, berada di kisaran puluhan miliar Rupiah. Anggaran tersebut digunakan untuk, antara lain, pertunjukan seni budaya, jamuan makan dan wisata keliling pulau untuk delegasi G20 yang datang ke sana.

G20 Diprediksi Dapat Mempopulerkan Wisata Belitung

Diperkirakan akan ada sekitar 2.000 orang di Belitung untuk perhelatan DWG G20. Acara ini diharapkan dapat mempopulerkan wisata Belitung dan memberikan efek berantai pada perekonomian daerah.

Perjalanan Belitung menjadi lokasi penyelenggaraan salah satu acara pendukung G20 cukup berliku. Jika Jakarta dan Bali ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan G20 melalui regulasi, menurut Isyak, terpilihnya Belitung sebagai salah satu lokasi yang diprediksikan.

"Dengan komitmen tinggi dari kami, yang tadinya Belitung tidak masuk (daftar lokasi penyelenggaraan G20), menjadi masuk. Kami komitmen bisa penuhi," kata Isyak.

Forum DWG G20 akan berlangsung di Belitung pada 7-9 September 2022.