Kemenkumham Sumsel Melakukan Pembinaan Pembentukan Desa Sadar Hukum, Bekerja Sama dengan YLBH
Pejabat Kanwil Kemenkumham Sumsel memberikan pembinaan desa dan kelurahan sadar hukum (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pembentukan desa dan kelurahan sadar hukum didorong oleh Kemenkumham Sumatera Selatan untuk meningkatkan kepatuhan hukum masyarakat di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Parsaoran Simaibang, Kepala Divisi Pelayanan Hukum HAM Kanwil Kemenkumham Sumsel, mennyampaikan dalam rangka melaksanakan Hari Darma Karya Dhika ke-77, melaksanakan kegiatan pembinaan desa dan kelurahan sadar hukum.

Khusus di Kota Palembang, kegiatan tersebut dilakukan di dua kecamatan yakni Kecamatan Sako Palembang dan Kecamatan Seberang Ulu I Palembang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak yang diinisiasi oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Republik Indonesia di seluruh provinsi di Tanah Air, katanya.

Pembinaan Desa dan Kelurahan Sadar Hukum oleh Kemenkumham Sumsel

Dia menjelaskan, prakteknya melaksanakan pembinaan desa/kelurahan hukum bekerja sama dengan organisasi hukum yang terakreditasi yakni YLBH Sejahtera Palembang Sriwijaya.

Kegiatan pembinaan desa dan kelurahan kesadaran hukum akan terus berjalan hingga menjangkau seluruh desa dan kelurahan di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel,.

Sementara Kepala Bidang Hukum Ave Maria Sihombing menyampaikan, kegiatan pembinaan desa/kelurahan sadar hukum tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk Mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Peningkatan Kesadaran Hukum di Masyarakat”.

Pembentukan Desa dan Kelurahan Sadar Hukum

Program ini merupakan upaya bersama dalam menegaskan keberadaan Indonesia sebagai negara hukum.

“Terkait dengan kondisi saat ini, kepatuhan hukum dapat mendorong pemulihan ekonomi pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi. Suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi sangat mendukung iklim investasi," kata Ave Maria.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto menambahkan, pendekatan terus mendorong pembentukan desa dan kelurahan kesadaran hukum di provinsi ini.

Dengan memiliki pemahamam dan kesadaran hukum yang tinggi, akan berdampak pada berkurangnya permasalahan hukum di masyarakat, kata Harun.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.