Pj Bupati OKU Mendukung Pembentukan LPKS Anak, Berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan PPPA
Pembahasan LPKS anak di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Teddy Meilwansyah, Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, siap mendukung pembentukan Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) sebagai tempat rehabilitasi anak di daerah tersebut.

Teddy mengatakan anak dapat mendapat pembinaan di LPKS, sekaligus menjalani praktik belajar kerja agar memiliki kemampuan dan keterampilan berguna bagi masyarakat banyak.

"LPKS yang segera dibentuk oleh Balai Pemasyarakatan Kelas II OKU ini sangat baik untuk keberlangsungan masa depan anak yang tersandung hukum," kata Teddy saat menerima kunjungan Kepala Balai Pemasyarakatan OKU Fakhrul Rozi di Baturaja, Kamis.

Pembentukan LPKS Anak di KU Berkoordinasi dengan Dinas PPPA

Teddy mengatakan menyambut baik pembentukan LPKS di daerah itu karena dapat berperan penting dalam mencerahkan masa depan generasi anak bangsa yang berhadapan dengan hukum.

“Saya segera menginstruksikan Dinas Sosial untuk membentuk tim dengan berkolaborasi bersama Bapas dan Dinas PPPA OKU agar pembentukan LPKS tahun ini berjalan lancar,” tambahnya.

Sementara itu, Fakhrul Rozi menjelaskan LPKS merupakan lembaga sosial di bawah naungan Kementerian Sosial yang berfungsi melakukan rehabilitasi sosial terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

Pembentukan LPKS untuk Membina Anak yang Melanggar Hukum

Pemerintah merekomendasikan anak-anak agar dapat ditempatkan di LPKS untuk mendapat pendidikan dan pelatihan yang berguna bagi masa depan mereka setelah menjalani hukuman.

"Hal itu demi kepentingan yang terbaik bagi anak agar tidak berulang tindak pidana lagi," ujarnya.

Dia juga berharap jajaran Pemkab OKU bersinergi dalam mewujudkan pembentukan LPKS agar anak yang berhadapan dengan hukum bisa menjalani pembinaan dan pendidikan untuk kembali ke keluarga dan masyarakat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.