PT Timah Fasilitasi UMKM Babel Mendapat Sertifikat Halal untuk Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing
PT Timah bantu UMKM di Bangka Belitung mendapatkan sertifikat halal (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat bantuan dari PT Timah Tbk untuk mendapatkan sertifikat halal produk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Program tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM mitra binaan perusahaan milik negara itu.

"Kami mengapresiasi langkah PT Timah Tbk dalam mendukung UMKM agar produk mendapatkan sertifikat halal," kata Ketua MUI Babel Zayadi Hamzah saat menghadiri pelatihan penyelia halal bagi UMKM Mitra Binaan PT Timah Tbk di Pangkalpinang, Babel, Rabu.

Ia mengatakan penyelia halal ini merupakan rangkaian awal dari program sertifikasi halal bagi produk UMKM dan Timah mengikutsertakan 20 UMKM mitra binaan untuk mendapatkan sertifikat halal produk.

"Kami menilai apa yang dilakukan merupakan PT Timah Tbk merupakan gebrakan untuk mendorong peningkatan produk UMKM," ujarnya.

PT Timah Beri Bantuan Mendapatkan Sertifikat Izin untuk UMKM di Bangka Belitung

Menurut dia, dengan adanya pelatihan ini, para mitra binaan Timah sudah memiliki auditor penyelia halalnya atau auditor halal internal dan ini hal luar biasa yang dilakukan Timah bersama MUI.

"Alhamdulillah ini yang pertama kali dilakukan dan dibiayai oleh PT Timah dan ini juga merupakan suatu gebrakan yang dilakukan oleh PT Timah untuk melatih para UKM mereka menjadi penyelia halal internal mereka dari mitra binaannya," katanya.

Khasmir Simon (53), mitra binaan Timah dengan produk Mirando sirup jeruk kunci mengatakan menjadi mitra binaan Timah banyak sekali keuntungan yang diterima untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha.

"Kami sudah mempersiapkan beberapa persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh para auditor, seperti tempat-tempat usaha dan persyaratan-persyaratan yang sudah kami siapkan," ucapnya.

Pembinaan dan Pelatihan bagi UMKM di Bangka Belitung

Ia menyebutkan dengan menjadi mitra binaan Timah, tidak hanya dibantu secara modal, namun juga diberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan, pemasaran dalam bentuk pameran dan penyediaan tempat seperti Tins Gallery untuk memasarkan produk.

"Semoga banyak program-program seperti ini terus berlanjut. Karena masih banyak UKM-UKM lain yang menunggu uluran tangan dari PT Timah untuk membantu mereka mengurus sertifikasi halalnya dan juga dapat mendukung para pelaku UKM di Bangka Belitung," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.